Desa Danurejo Dapat Bantuan 25 Unit Rumah Khusus Tipe 28

Dilihat 2110 kali
TUMPENG – Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Muhammad Mulya Permana ST NT, menyerahkan tumpeng kepada Kepala Desa (Kades) Danurejo, Eko Prasetyo, pada Tasyakuran Pembangunan Rusus MBR di Balai Desa Danurejo, Mertoyudan, Magelang. Foto ali subchi

BERITAMAGELANG.ID--Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, mendapat program aspirasi berupa pembangunan rumah khusus (Rusus) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).  Sebanyak 25 unit Rusus Tipe 28 yang dibangun di lahan milik desa seluas 4.300 meter persegi, dengan dana sebesar Rp 2,5 miliar.


"Pembangunan rumah deret tipe 28 ini, berjalan lancer sesuai dengan target yang sudah ditetapkan," kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Muhammad Mulya Permana ST NT, pada Tasyakuran Pembangunan Rusus MBR di Balai Desa Danurejo, Mertoyudan, Magelang, Sabtu (3/10-2020).


Tasyakuran Pembangunan Rumah Khusus (Rusus) MBR, dilakukan secara virtual bersama anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ir Sudjadi. Dihadiri Kepala Satker Penyediaan Perumahan Jateng, Wahyu Adi Satriawan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kabupaten Magelang, Kuntha Endra Data, Camat Mertoyudan, Bambang Hermanto, Kades Danurejo Eko Prasetyo SE.


Menurut Mulya Permana, pembangunan rumah deret tipe 28 sebanyak 25 unit tersebut, dibangun selama 120 hari kalender, sejak tanggal 28 September 2020. Rumah tipe 28 tersebut, terdapat dua kamar tidur, rumah tamu, dapur dan kamar mandi, serta dilengkapi fasilitas umum, termasuk jalan.


Diharapkan akhir tahun ini, pembangunan sudah selesai, sehingga segera ditempati untuk masyarakat berpenghasilan rendah. "Saya berharap, pembangunan Rusus ini tetap waktu, tepat mutu dan tepat laporan," pintanya.


Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tidak hanya bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi, namun juga dalam mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai fokus utama Pemerintah. Salah satunya dengan menyediakan hunian yang layak berupa Rumah Khusus (Rusus) ini.


Kepala Desa (Kades) Danurejo, Eko Prasetyo mengatakan, pembangunan Rusus menempati tanah desa seluas 4.300 meter, merupakan program aspirasi yang diperjuangkan oleh Ir Sudjadi, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan. "Saya mengucapkan terima kasih atas perjuangan sesuai aspirasi masyarakat," ujarnya.


Untuk itu, pembangunan Rusus ini sangat membantu masyarakat dan sangat bermanfaat Danurejo yang belum mempunyai tempat tinggal, karena masih banyak dalam satu rumah ditempati lebih dari tiga kepala keluarga. Maka Rusus ini, merupakan solusi bagi warga yang sebagian besar bekerja di sektor jasa.


"Saya juga minta, pembangunan tepat waktu, mutu dan tepat administrasi, agar nantinya yang menempati Rusus bisa lebih nyaman, karena keperuntukan Rusus ini adalah  warga berpenghasilan rendah," tambahnya.


Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi dalam sambutan yang disampaikan secara virtual mengatakan, usulan dan perjuangan untuk pembangunan Rusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berjalan lancer, karena langsung mendapatkan persetujuan untuk pembangunan Rusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah.


 "Ini saya sampaikan, bahwa masyarakat Desa Danurejo sangat istimewa, dan inilah saatnya warga Danurejo ngunduh. Karena aspirasi yang disampaikan dan diteruskan ke Kementerian PUPR, langsung mendapatkan persetujuan, karena tidak hanya pembangunan Rusus, tetapi ada program yang lain," ujar Sudjadi.


Untuk tahun 2021, ada beberapa program pembangunan, diantaranya Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), pengolahan sampah dengan sistem TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampat Reuse-Reduce-Recycle) untuk mendukung  program pemerintah dibidang lingkungan hidup. Hampir 30 titik  program pembangunan, maka dengan cara itu desa bisa lebih bergairah membangun.


"Yang jelas, tahun 2021 dari 13 desa di Kecamatan Mertoyudan, terdapat lima desa yang bakal mendapatkan program aspirasi yang kami perjuangkan, yakni  Desa Danurejo, Bondowoso, Jogonegoro, Sumberejo dan Deesa Sukorejo," tambah Sudjadi.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar