Data Sektoral Penting Menentukan Prioritas Pembangunan

Dilihat 40 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah perwakilan SKPD mengikuti Pelatihan Pengelolaan Data Statistik Sektoral Kabupaten Magelang yang diselenggarakan Dinas Kominfo setempat di Ruang Bina Praja, Rabu (11/9).


Pemanfaatan data statistik sektoral ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang menjadi tugas pokok instansi yang bersangkutan.


"Manfaat yang akan diperoleh antara lain adalah untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa datang, menentukan prioritas, sebagai acuan dalam evaluasi dan pengendalian kegiatan, serta untuk memperkirakan antisipasi terhadap resiko dan hambatan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan," demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugiyono saat membuka pelatihan tersebut.


Dalam menyelenggarakan statistik sektoral, lanjut Sugiyono, instansi pemerintah dapat menyelenggarakan sendiri dan/atau bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


"Untuk meningkatkan ketersediaan, kualitas terhadap data dan informasi yang komprehensif diperlukan sumber daya pengelola data yang memiliki kemampuan pengelolaan data statistik sektoral," lanjutnya.


Oleh karena itu, pelatihan pengelolaan data statistik sektoral ini sangat penting dan diperlukan bagi peningkatan kapabilitas pengelola data.


"Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada SKPD tentang pengelolaan data statistik sektoral yang ada dimasing-masing SKPD untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, akuntabel dan dapat diakses secara bersama," pungkasnya.


Pelatihan Pengelolaan Data Statistik Sektoral Kabupaten Magelang menghadirkan narasumber Statistisi Muda pada Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang Nur Afiah Maizunati, diikuti sebanyak 60 peserta SKPD.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar