Data Berperan Strategis Bagi Pembangunan Daerah

Dilihat 1098 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kebutuhan data bagi Pemerintah Daerah sangatlah strategis karena sebagai sumber informasi pembangunan daerah. Saat ini Kabupaten Magelang sedang menuju Smart City, di sinilah data berperan untuk mewujudkan Kabupaten Magelang yang cerdas.


"Data yang berasal dari SKPD ini harus saling terintegrasi, sehingga diperoleh satu sistem Big Data untuk mendukung terwujudnya Smart City di Kabupaten Magelang," demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Drs. Sri Suraryo, M.Si dalam Rakor Forum Data Sektoral di Ruang Bina Karya Setda, Selasa (2/4/2019).


Dalam mewujudkan Open Data, lanjut Suraryo, Diskominfo penyusun Data Sektoral sebagai Walidata Kabupaten Magelang berkoordinasi dengan BPS dan SKPD sebagai sumber data.


BPS sebagai Pembina terkait data Sektoral sekaligus sebagai sumber Data Dasar, sementara SKPD sebagai sumber data sektoral.


"Data Sektoral diperoleh dari Instansi Pemerintah Daerah maupun instansi vertikal untuk kepentingan daerah. Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap SKPD dapat memahami Open Data dan data Sektoral yang ada di SKPD masing-masing," harapnya.


Ke depan, SKPD dapat memberikan data Sektoral secara online melalui Open Data Kabupaten Magelang yang terintegrasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.


Rakor Forum Data Sektoral diikuti seluruh SKPD di Kabupaten Magelang dengan menghadirkan narasumber Ir. Arif Budianto dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah dan Siti Komsatun, S.Si dari BPS Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar