Damkar Kabupaten Magelang Menerima Kunjungan Dari Cirebon

Dilihat 2297 kali
Damkar Kabupaten Magelang dalam menerima kunjungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon.

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran, Wisnu Harjanto, menuturkan, saat ini dirinya membawahi Satpol PP & PK. Dimana PK nya kepanjangan dari Penanggulangan Kebakaran.


Menurut Wisnu, meskipun hal tersebut tetap bisa berjalan, namun mempunyai kelebihan dan kekurangan, dengan sistem yang berjalan saat ini.


Ada nilai plus minusnya. Dengan sistem yang kita jalankan saat ini, positifnya adalah miskin struktur kaya fungsi, yaitu jumlah personil sedikit namun bisa mengerjakan semuanya, atau lebih hemat.


Namun jika dipandang ke depan, akan membutuhkan sangat besar personil dan area pelayanan yang besar. 


“Maka sistem saat ini tidak cocok digunakan. Kemungkinan bisa diusulkan menjadi Dinas," ungkap Wisnu, saat menerima kegiatan kunjungan studi banding Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon ke Damkar Kabupaten Magelang, Jumat (17/1).


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar, mengatakan, sejak 2016 intansi Pemadam Kebakaran berubah status menjadi Dinas. Awalnya Damkar Kabupaten Cirebon adalah bidang di bawah PU Cipta Karya


“Potensi di Kabupaten Cirebon sudah memenuhi syarat menjadi Dinas. Salah satu poinnya adalah sesuai dengan aturan kelembagaan," ucap Iis Krisnandar.


Iis Krisnandar menambahkan, walaupun wilayahnya terkecil di Jawa Barat, namun jumlah penduduknya terbesar kedua di Jawa Barat. Jumlah penduduk di Cirebon 2.200 jiwa per kilometer persegi.


"Dengan jumlah penduduk tersebut menjadi salah satu syarat bisa menaikan status Damkar Kabupaten Cirebon menjadi Dinas," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar