Antisipasi Harga Naik, Disdagkop Gelar Operasi Pasar

Dilihat 433 kali
Operasi Pasar di Secang Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga sejumlah bahan pokok seperti cabai hingga minyak mengalami kenaikan.


Menurut data dari Disdakop UKM Kabupaten Magelang, pada 30 Desember 2021, harga komoditas di beberapa pasar tradisional masih tinggi. Cabai merah besar keriting Rp35.000 per kg, rawit merah Rp72.000 per kg, rawit hijau Rp40.000 ribu per kg, sedangkan minyak goreng tanpa merek Rp20.000 per liter, dan telur ayam ras Rp32.000 per kg.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menjelaskan hal tersebut terjadi karena di samping momen natal dan tahun baru, juga karena harga bahan baku minyak naik.


"Sedangkan untuk cabai karena curah hujan yang tinggi jadi untuk panen cabai tidak bisa maksimal, sehingga banyak pohon cabai yang rusak dan panennya tidak bisa maksimal," jelasnya.


Basirul menerangkan, pihaknya sudah melakukan pemantauan harga melalui kepala pasar di bawah Disdagkop UKM Kabupaten Magelang. Kemudian juga berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi Jateng terkait harga minyak. 


"Kemarin kami melakukan operasi minyak goreng murah walaupun dengan jumlah yang terbatas karena harus dibagi 35 kota kabupaten. Dan kami terus senantiasa berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait yang mana bisa kita lakukan," terangnya.


Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Tyas Putranto menambahkan, terkait harga minyak, pihaknya telah melakukan operasi pasar khusus minyak.


"Kita dapat dari BIST, produsen minyak goreng di Semarang dengan koordinasi dengan Disperindag Jawa Tengah, kami difasilitasi kemudian kami ambil dan 3.800 liter sudah kami distribusikan di daerah Pakis, Secang dan di sekitar Sawitan termasuk ke komunitas UKM," kata Tyas.


"Dan untuk komunitas UKM ambilnya di kantor Disdagkop, itu setengah hari langsung habis karena di pasaran harga per liter bisa 30 ribu, kami jualnya 14 ribu rupiah jadi bisa langsung habis," tandasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar