Covid-19 Melandai, Pelatihan Manasik Haji Mulai Digelar

Dilihat 1582 kali
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Amanah memulai pelatihan manasik haji setelah Covid 19 melandai di level 1 PPKM Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Seiring meredanya pandemi Covid-19, sejumlah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji mulai menggiatkan kembali kegiatan bimbingan manasik Haji. Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Amanah di aula kantor PDM Kabupaten Magelang.


Ketua KBIH Amanah Bambang Surendro mengatakan sebanyak 232 calon jamaah haji KBIH Amanah ini mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji, meski belum ada kepastian resmi dari pemerintah soal keberangkatan haji tahun 2022.


Pelatihan Haji ini, lanjut Bambang, sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 dan kembali digelar seiring wilayah Kabupaten Magelang berada di Level 1 PPKM.


Sedangkan terkait pelaksanaan pelatihan manasik haji, pihak KBIH Amanah berencana akan menggelarnya dalam beberapa kali pertemuan sebelum dan setelah Hari Raya Idul Fitri tahun ini.


"Hari ini pembukaan Insya Allah akan dilaksanakan (manasik) sebnyak lima kali, sebelum hari raya dan tiga kali setelah hari raya," ucap Bambang, Kamis (13/1).


Menurut Bambang, kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali semangat para calon jamaah haji khususnya dalam memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah.


Dijelaskan Bambang, manasik haji menjadi sangat penting bagi jamaah calon haji karena akan memberi bekal kepada calon haji saat menjalankan ibadahnya di Tanah Suci Makkah. Harapannya, dengan bekal yang diberikan pada kegiatan manasik ini, para jamaah calon haji akan lebih siap dan mantap dalam menunaikan ibadah haji.


"Dengan harapan semoga nanti pada tahun 2022 ini betul betul ibadah haji bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar,” harapnya.


Pada prosesi bimbingan manasik haji para calon jamaah akan diberikan materi berupa teori dan praktek.


Kegiatan pembukaan manasik haji ini di sambut antusias oleh ratusan calon jamaah haji yang berasal dari sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang. Mereka berharap ibadah haji tahun ini benar-benar bisa dilaksanakan.


"Hati saya terasa senang sekali. Saat yang dinanti-nantikan sudah tiba, semoga nanti saat berangkat rombongan kita diberi kesehatan, keselamatan lancar dalam menjalankan haji," ungkap salah satu calon jamaah haji, Siti Umi Kultsum.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar