Christanti Zaenal Arifin Hobi Gowes Sambil Perkenalkan Objek Wisata Magelang

Dilihat 175 kali
Istri Bupati Magelang Christanti Zaenal Arifin saat gowes sampai Embung Sekembang di Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang
BERITAMAGELANG.ID - Istri Bupati Magelang, Christanti Zaenal Arifin memiliki hobi olahraga bersepeda alias gowes. Hampir tiga kali dalam satu minggu, Tanti, sapaan akrabnya, menyempatkan diri bergowes. Apalagi di musim pandemi Covid-19, imunitas harus selalu terjaga, salah satunya dengan cara berolahraga.

Gowes yang dilakukan Tanti tidak sekedar mengikuti tren olahraga di musim pandemi Covid-19. Ia memiliki misi mengenalkan objek-objek wisata yang banyak tumbuh di Kabupaten Magelang. Apalagi, hampir semua objek wisata di Kabupaten Gemilang ini sangat bagus, indah dan alami terutama, wisata alam.

Ia menyebut ada Butuh Kaliangkrik, Ngargoretno Salaman, Sabo Dam Nglumut Srumbung dan terakhir yang dikunjungi adalah objek wisata yang sedang viral, yakni Embung Sekembang yang berada di Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak.

Secara khusus, Tanti menyebut Embung Sekembang merupakan destinasi yang layak dikunjungi. Selain embung yang menjadi daya tarik, juga pemandangan alam sekitar yang cantik elok. Dari embung yang berada di lereng gunung Telomoyo ini, wisatawan bisa memandang gunung Andong, Merbabu, dan Sumbing.

Ia mengaku tertarik ke Embung Sekembang setelah banyak melihat postingan di media sosial. Juga banyak teman-teman pesepeda yang sudah ke embung ini. 

"Ternyata memang sesuai ekspektasi. Di sini sangat indah dan masih alami," ujarnya saat ditemui di Embung Sikembang, Sabtu (13/2/2021).

Ia bersama rombongan pegowes wanita, mulai bersepeda dari Kecamatan Grabag. Setelah itu melakukan trip ke Mesastila Losari dan selanjutnya baru ke Embung. Diakuinya, jalur menuju ke Embung Sekembang cukup 'perih'. 

"Banyak tanjakan dan belokan. Tapi kita harus berani dan kuat," katanya sambil tertawa.

Ia memberikan trik, agar gowes dengan jalur yang demikian menjadi menyenangkan. 

"Triknya, kita harus bisa mengukur kemampuan diri. Kalau sudah merasa capek maka bisa berhenti untuk minum atau makan cemilan seperti wafer atau coklat. Setelah stamina pulih, baru melanjutkan bersepeda lagi. Tidak usah memaksakan diri dan tidak usah malu untuk berhenti," pesannya.

Di sisi, lain Tanti mengatakan, dalam perjalanan gowes, ia sering menemui hal-hal di lapangan. Seperti jalan yang berlubang atau masalah lain yang berhubungan dengan masyarakat. 

"Saya selalu sempatkan menyerap aspirasi masyarakat. Hal itu sangat efektif saya matur ke bapak (Bupati) agar bisa ditindaklanjuti," katanya.

Menyinggung lagi tentang Embung Sekembang, ia berharap keberadaannya bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar dan menaikkan PAD Desa. Namun yang tidak boleh dilupakan oleh pengelola, adalah soal sampah. Seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, maka masalah sampah akan muncul. 

"Saya berharap bank sampah desa setempat bisa aktif mengelola," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar