Cegah Penyebaran Covid-19, Sejumlah Objek Wisata Kabupaten Magelang Ditutup Sementara

Dilihat 2008 kali
Objek wisata Ketep Pass ditutup sementara mulai 16 Maret selama 14 hari

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak enam objek wisata di wilayah Kabupaten Magelang ditutup  sementara bagi wisatawan mulai 16 Maret selama 14 hari sebagai upaya preventif pencegahan menularnya virus Corona. Ketujuh obyek wisata itu adalah Ketep Pass, kolam renang Mendut,  Kalibening, Candi Umbul, Telaga Bleder, candi Mendut dan Pawon.


Penghentian sementara keenam objek wisata andalan Kabupaten Magelang itu, menyusul adanya surat edaran Bupati Magelang nomor 440/064/05/2020 tertanggal 14 Maret. Dalam surat edaran itu disebutkan langkah-langkah strategis  pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Magelang. 


Sebagai langkah konkret dalam rangka melakukan upaya preventif serta komitmen bersama dalam  meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah penularan virus Corona pada daya tarik wisata, maka dilakukan penutupan sementara objek-objek wisata tersebut.


"Penutupan sementara objek wisata mulai Senin, 16 Maret 2020 sampai 14 hari ke depan," terang Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, Minggu (15/3/2020).


Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Objek Wisata Ketep Pass, Edwar Alfian, bahwa mulai Senin (16/3/2020) objek wisata yang menawarkan keindahan gunung Merapi Merbabu ini ditutup selama 14 hari. Imbauan penutupan itu berdasar pengumuman yang ditandatangani Kepala Disparpora Kabupaten Magelang.


Atas dasar itu pihaknya segera membuat pengumuman yang ditujukan kepada masyarakat umum, serta biro-biro travel yang selama ini menjalin kerjasama. Menurut Edward, penutupan tersebut merupakan langkah preventif agar penyebaran virus corona tidak menyebar kemana-mana, terutama di objek wisata yang notabene merupakan tempat berkumpulnya orang banyak dari berbagai daerah.


Menurut Ian, panggilan akrabnya, pihak manajemen tidak mempermasalahkan kerugian yang kemungkinan timbul akibat penutupan tersebut. Sebab pihaknya lebih mengutamakan keselamatan jiwa warga Indonesia secara umum. 


"Tidak masalah karena kita mengutamakan keselamatan warga," tegasnya.


Objek wisata Ketep Pass yang merupakan gardu pandang di Kecamatan Sawangan ini, merupakan salah satu andalan kabupaten Magelang. Tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing cukup tinggi,  terutama pada libur weekend Sabtu dan Minggu. Biasanya saat weekend, jumlah pengunjung mencapi dua ribu perharinya. 


Objek wisata ini selain menawarkan panorama yang indah dan kesejukan alamnya, juga ada vulcano theater dan museum Merapi. Untuk tiket tanda masuk relatif murah, hanya Rp 10 ribu untuk hari biasa dan Rp 12.500 untuk hari libur dan weekend. Sedangkan untuk wisatawan asing tiket tanda masuk Rp 50 ribu untuk hari biasa dan Rp 60 ribu untuk hari libur, Sabtu dan Minggu.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar