Candimulyo Wakili Kabupaten Magelang Lomba IVA Tes Jawa Tengah

Dilihat 2131 kali
Ketua Tim Penilai Condro Rini didampigi Ketua PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin, dan wakilnya Aslimah Edi Cahyana melakukan tanya jawab dengan petugas IVA Test.

BERITAMAGELANG.ID - Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang maju tiga besar dalam penilaian pelayanan IVA Test tingkat provinsi Jawa Tengah bersaing dengan Kabupaten Sukoharjo dan Pekalongan.


Ketua TPPKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin mengatakan IVA test ini merupakan perwujudan dari program pokok pokja IV tentang kesehatan.


"Pembangunan ini berawal dari keluarga, sebagai ibu yang memiliki peran beragam harus dalam kondisi sehat," jelasnya.


Salah satu penyakit terbesar wanita terbesar dengan frevalensi 17.859, dan juga merupakan penyebab kematian tertinggi bagi wanita setiap dua menit wanita di dunia meninggal karena kanker serviks.


Ini merupakan tanggung jawab moral bagi PKK sebagai mitra pemerintah sehingga melatarbelakangi semangat untuk selalu mensosialisasikan kepada masyarakat.


"Kita patut berbangga hati bahwa usaha kita mendapat apresisi dari pemerintah propinsi dengan masuk menjadi tiga besar terbaik pelayanan IVA Test, ada atau tidak penghargaan sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan masyarakat Kabupatan Magelang yang Sehat jasmani dan rohani," imbuhnya.


Ketua Tim Penilai Condro Rini mengatakan apresiasi ini merupakan program Ibu Iriani Joko Widodo dalam rangka menjaga kesehatan kaum perempuan.


Kedatanganya kali ini ke Kabupaten Magelang dalam rangka verifikasi data yang telah dikirimkan. Mereka ingin melihat langsung di lapangan kebenaran data yang dikirimkan.


"Berbagai aspek akan kami nilai, akan kmi kroscek di lapangan aapakah betul betul dilaksanakan atau hanya sekedar laporan," tegasnya.


Sekertaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan kanker serviks merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi oleh karena itu pemerintah Kabupaten Magelang menaruh perhatian yang cukup serius dan mengambil langkah dengan memberikan pelatihan kepada petugas di 5 puskesmas pada 2016 dan ditindaklanjuti petugas di 19 puskesmas pada 2017.


Saat ini deteksi dini kanker leher lahim sudah dapat dilayani di 28 puskesmas di Kabupaten Magelang, 4 diantaranya sudah bisa melayani.


"Krio Terapi salah satunya adalah Puskesmas Candimulyo," ungkap Adi saat membacakan sambutan Bupati Magelang.


Menurut Adi, Pencegahan kanker leher rahim dengan metode IVA Test harus digalakkan karena biayanya lebh murah, tingkat akurasinya juga lebih tinggi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar