Bupati Tinjau Lokasi Banjir Bandang Bandongan

Dilihat 1389 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang kembali meninjau kondisi bencana banjir bandang di Dusun Semen, Desa Salamkanci, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Rabu (4/3/2020).


Dalam kesempatan itu, Zaenal Arifin juga menyerahkan bantuan sejumlah radio HT kepada relawan untuk mempermudah komunikasi di lokasi bencana.


"Paling tidak alat ini bisa lebih mempermudah untuk berkomunikasi di lokasi mengingat di lokasi bencana ini sangat sulit sinyal," ungkap Zaenal.


Zaenal juga berharap agar masyarakat dapat segera bangkit dan beraktivitas kembali. 


"Kami harap warga tidak mengalami sedih yang berkepanjangan dan tetap semangat untuk kembali beraktivitas," harapnya.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, saat ini telah menghentikan operasi pembersihan material longsor dan sampah hutan penyebab banjir bandang. Selanjutnya akan dilakukan kajian geologi.


"Untuk ini kita minta bantuan PVMBG dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah. Hasil kajian geologi akan dijadikan dasar penentuan langkah berikutnya," imbuh Edy.


Lanjut Edy, saat ini penanganan pengungsi sudah diserahkan kepada pihak desa, termasuk perlengkapan logistik.


"Saat ini masih ada beberapa pengungsi, namun pada saat siang hari para pengungsi kembali ke rumahnya masing-masing," terangnya.


Pada kesempatan yang sama, Edy juga menghimbau kepada warga setempat untuk tetap waspada terutama di sepanjang musim hujan saat ini.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar