Bupati Tegaskan Masyarakat Tetap Di Rumah Sampai Covid-19 Mereda

Dilihat 1282 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin tegaskan masyarakat tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran covid-19

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin, mengungkapkan penanganan covid-19 tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, namun peran serta masyarakat sangat diharapkan memutus mata rantai penyebarannya paling tidak dengan tetap tinggal di rumah.


"Hal ini bila berhasil dilakukan maka permasalahan penyebaran covid-19 akan segera dapat ditangani," tegasnya.


Ia juga mengapresiasi Camat, Kepala Desa/ Lurah serta masyarakat yang melakukan upaya nyata pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkungan masing masing. Salah satunya dengan mendirikan pos pemeriksaan mandiri covid-19 di tingkat desa atau kelurahan.


Namun demikian, menurut Bupati pendirian pos pemeriksaan mandiri yang dilakukan oleh masyarakat ini harus mendapat pendampingan oleh Kepala Desa serta memperhatikan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan petugas kesehatan setempat.


"Kami berharap dalam melakukan pemeriksaan terhadap pendatang agar tetap menjaga kenyamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat," pesannya.


Meskipun sudah ada imbauan untuk tidak mudik, masih banyak ditemui warga Magelang yang tetap pulang ke kampung halaman. Oleh karena itu Zaenal mengimbau agar masyarakat tidak menutup akses jalan secara berlebihan.


"Dalam melakukan sterilisasi terhadap pendatang agar tidak melakukan penyemprotan langsung ke tubuh dengan bahan disinfektan yang berbahaya bagi kesehatan," ujarnya.


Bupati berpesan kepada para petugas pos pemeriksaan mandiri agar menggunakan masker/ alat pelindung diri serta menjaga jarak aman.


"Apabila dalam pemeriksaan ditemukan pendatang memiliki gejala mengarah kepada covid-19 agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan setempat agar dilakukan tindakan penanganan," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar