Bupati Magelang Tegaskan Warga Pendatang Akan Dipantau Lebih Ketat

Dilihat 1959 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin rapat via video conference dari rumah dinas dengan jajarannya di command center room Setda Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Mengantisipasi perkembangan corona di Kabupaten Magelang, Bupati menginstruksikan kepada seluruh Camat dan kepala desa untuk dapat melakukan pemantauan kepada warganya terutama pendatang dari luar daerah maupun luar negeri. Mereka harus mematuhi protokol kesehatan penanganan covid-19 dengan cara melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu dan berkoordinasi dengan Puskesmas atau petugas kesehatan setempat.


Instruksi Bupati ini dilakukan karena akhir-akhir ini banyak warga Magelang yang mulai berdatangan dari luar daerah.


“Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah terpadu dan sinergis berbagai pihak sebagai upaya menjaga keselamatan  bersama,” jelas Bupati Magelang Zaenal Arifin usai rapat dengan jajarannya, Sabtu (28/3/2020).


Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mencegah kemungkinan penyebaran masuknya covid-19 dari luar daerah dengan  cara semua pihak harus berpartisipasi aktif dalam pencegahannya.


Selain itu Bupati mengimbau kepada warga yang berada di luar daerah atau luar negeri untuk sementara waktu tidak mudik ke Kabupaten Magelang terlebih dahulu sampai keadaan dinyatakan aman.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang Imam Bashori mengatakan, guna mengantisipasi kedatangan para perantau dari luar daerah, Dinas Perhubungan  Kabupaten Magelang telah mendirikan posko terpadu di tiga terminal pintu masuknya pendatang, yaitu di terminal Secang, Muntilan dan Salaman.


“Kami telah membuat surat edaran ke agen PO Bus yang mewajibkan seluruh Bus yang melintas/masuk wilayah di Kabupaten Magelang diwajibkan untuk masuk ke terminal dan dilakukan pemeriksaan serta pendataan bagi penumpang yang turun ke wilayah Kabupaten Magelang,” kata Imam.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar