Bupati Magelang Serahkan Bantuan Korban Bencana Puting Beliung

Dilihat 1423 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal  Arifin menyerahkan bantuan dana bagi warga korban bencana angin puting beliung di Kecamaran Sawangan. Bantuan yang diberikan kepada 20 orang korban bencana tersebut diserahkan di Balai Desa Gantang Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Rabu (3/12/2019).  


"Bantuan tidaklah seberapa jumlahnya namun ini sebagai bentuk rasa keprihatinan dan perhatian pemerintah terhadap warganya yang tengah diberi cobaan bencana," ujar Bupati usai menyerahkan bantuan di sela acara Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) Kecamatan Sawangan.


Bupati berharap bantuan ini akan sedikit meringankan beban cobaan warga yang rata-rata rumahnya rusak akibat bencana puting beliung.


Pada kesempatan tersebut Zaenal berpesan kepada para Kepala Desa agar memperhatikan fasilitas umum dan pembangunan sanitasi serta pemenuhan kebutuhan air bersih.


"Sehingga anak-anak bisa cuci tangan sesuai yang diajarkan di sekolah," pesannya.


Dilaporkan Camat Sawangan Wisnu Argo Budiono, warganya berjumlah 17.530 KK. Warga yang telah mempunyai jamban sebanyak 14.204 KK, namun dinyatakan semua warga 100%  telah stop buang air besar sembarangan.


"Sedangkan sebagiannya yang belum mempunyai jamban mereka BAB di jamban bersama atau umum," kata dia.


Deklarasi ODF dipimpin Camat Sawangan diikuti anak-anak sekolah dan kepala desa disaksikan Bupati Magelang Zaenal Arifin dan seluruh tamu undangan, Forkopimda dan masyarakat Desa Gantang. 


Deklarasi ODF didasari hasil verifikasi dan investigasi terhadap 15 desa di kecamatan Sawangan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar