Bupati Magelang: Pemuda Harus Bijak Filter Informasi

Dilihat 618 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018 di Halaman Setda, Senin (29/10). Upacara berlangsung hikmat dipimpin Pembina Upacara Bupati Magelang Zaenal, Arifin, S.I.P.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Magelang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang kali ini mengambil tema 'Bangun Pemuda Satukan Indonesia'.

"Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, bertanggung jawab dan berdaya saing untuk menghadapi tantangan ke depan," ujar Bupati.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, lanjut Bupati, memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya manusia.

"Namun, di sisi lain, perkembangan teknologi informasi ini juga berdampak negatif yang memanfaatkan teknologi ini dengan memuat informasi yang bersifat destruktif, mulai dari hoax, hate speech, pornografi, radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara," ungkapnya.

Bupati menambahkan, tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi. Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilu nanti amat sangat dibutuhkan.

"Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas," tandasnya.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda turut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Magelang, dan diikuti segenap karyawan Pemda, perwakilan pelajar, serta unsur kepemudaan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar