Bupati Magelang Pastikan Stok Pangan Aman

Dilihat 1334 kali

BERITAMAGELANG.ID - Guna memastikan cadangan pangan di wilayah Kabupaten Magelang cukup hingga lebaran mendatang, Bupati Magelang, Zaenal Arifin beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang melakukan sidak di Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Mertoyudan, Senin (16/3/2020).


"Jadi Pak Presiden telah memerintahkan kami jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang untuk memastikan bahwa cadangan pangan itu aman. Bulog menyampaikan kepada kami bahwa pihaknya menjamin cadangan pangan kita aman sampai di lebaran," ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin usai melakukan sidak di Gudang Bulog Mertoyudan.


Dalam kesempatan yang sama, Zaenal meminta kepada pihak Bulog Mertoyudan untuk bisa menyediakan kebutuhan pokok masyarakat hingga lebaran mendatang. Menurutnya, sidak ini juga untuk memastikan terkait dampak dari Covid-19 terhadap ketersediaan bahan pokok di masyarakat.


"Karena dampak virus ini biasanya bisa mencapai 6 bulanan. Mers dulu 6 bulan, Sars juga sekitar 6 bulan. Lah kalau virus Corona (Covid-19) ini juga 6 bulan, dimulai dari akhir Desember 2019 maka selesainya akan di pertengahan tahun. Maka ketahanan pangan ini harus kita siapkan hingga akhir tahun, jangan sampai terjadi krisis di masyarakat," katanya.


Ia juga berharap kepada warga masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih untuk tidak memborong atau menimbun barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.


"Yang punya uang ya tahan dulu lah, ini kan masalah kita bersama saat ini. Jadi jangan sampai ada yang nimbun-nimbun. Wes pokoke (sudah pokoknya) secukupnya saja," tuturnya.


Terkait ketersediaan bahan pokok di Gudang Bulog Mertoyudan, Zaenal masih menunggu laporan dari pihak Bulog sendiri untuk memastikan berapa banyak bahan pokok yang tersedia hingga saat ini.


Selain melakukan sidak ke Bulog, Zaenal juga menemui pihak Pertamina Yogyakarta di Kantor BPBD Kabupaten Magelang. Dalam audiensi tersebut, Zaenal meminta pihak Pertamina Yogyakarta menjamin ketersediaan Gas LPG dan BBM bagi masyarakat Kabupaten Magelang.


"Kita pastikan cadangan minyak dan gas kita. Pertamina ini juga kebutuhan pokok, sehingga kita pastikan ketersediaannya hingga akhir tahun," pungkas Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar