Bupati Magelang Pantau Kinerja Disdukcapil Ditengah Pandemi Covid-19

Dilihat 363 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin Saat melakukan pemantauan kinerja di Kantor Disdukcapil Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID-- Selaku pembina kepegawaian, Bupati Magelang Zaenal Arifin, melakukan sidak atau pemantauan secara langsung kinerja di beberapa kantor pelayanan, yang hingga saat ini lokasinya masih terletak di wilayah Kota Magelang. Pemantauan kinerja ini dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta di Kantor Perusahaan Daerah Aneka Usaha.


"Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki beberapa kantor di Kota Magelang, ada Disdukcapil, Disnaker, dan juga yang lain, maka tentunya saya selaku pembina kepegawaian ingin melihat pegawai saya, khususnya di Disdukcapil sejauh mana kinerja mereka terkait ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini," ungkap, Bupati Magelang Zaenal Arifin disela-sela melakukan pemantauan, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, sejauh ini pelayanan masyarakat di Kantor Disdukcapil Kabupaten Magelang masih berjalan dengan baik dan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

"Pastinya kita akan terus memantau tempat kita yang ada di wilayah Kota Magelang. Sejauh ini kinerjanya masih baik, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak pada saat melakukan antrean, menggunakan masker dan sebagainya," katanya.

Selain memantau dalam hal kinerja dan penerapan standar Covid-19, Zaenal juga meninjau kondisi ruang dan arsip yang ada di Kantor Disdukcapil. Saat meninjau, Zaenal menemukan arsip-arsip dari tahun 1949 yang seharusnya sudah menjadi dokumen penting sejarah perjalanan panjang, khususnya Disdukcapil Kabupaten Magelang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.


"Nah, dokumen penting seperti ini semestinya ditempatkan di tempat yang semestinya. Maka tadi saya sampaikan, Disdukcapil harus berkomunikasi dengan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang agar dokumen penting ini bisa terjaga dengan baik, apalagi melihat kondisinya masih berupa buku. Bisa saja ini nanti dibutuhkan, karena ini dokumen negara yang harus diamankan," tegasnya.

Setelah memantau kinerja Disdukcapil, Zaenal juga memantau kinerja para pegawai di PD. Aneka Usaha (Perusahaan Milik Daerah Kabupaten Magelang). Menurutnya, kinerja pegawai pada PD Aneka Usaha juga telah menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

"Saya pantau sekilas para pegawai di PD Aneka Usaha ini juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selain itu kinerjanya pun juga cukup optimal terutama pada saat mereka bekerja dengan menggunakan mesin percetakan," pungkas, Zaenal.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar