Bupati Magelang Lantik Puluhan Pejabat Pengawas

Dilihat 1009 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin melantik dan mengambil sumpah 42 pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. Pelantikan tersebut dilaksanakan secara langsung serta melalui zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Jumat (24/12).


Dalam sambutannya, Zaenal Arifin menegaskan, peralihan tugas berupa mutasi dan promosi jabatan dalam organisasi pemerintahan adalah sebuah hal lumrah dalam rangka penyegaran pejabat daerah. Tentunya promosi dan mutasi yang sedang berjalan ini telah melalui berbagai pertimbangan bahwa yang bersangkutan benar-benar telah layak dan memiliki kompetensi untuk menduduki sebuah jabatan baru.


"Perlu saya tegaskan kembali, peralihan tugas yang berjalan ini telah dipertimbangkan dari berbagai kajian, aspek dan dimensi. 

Prinsip 'the right man on the right job' yang menjadi dasar dan pertimbangan utama peralihan tugas ini, sudah terukur dan terefleksikan dari sisi Integritas, Loyalitas, Kapabilitas, Kompetensi serta Moralitas, dalam rangka menggerakkan roda besar organisasi Pemerintah Kabupaten Magelang, agar ke depan lebih professional dan responsif  terhadap berbagai tuntutan pubik," tegas Zaenal.


Lanjut Zaenal, bukan hanya tuntutan publik dalam arti sempit saja seperti akselerasi penurunan kemiskinan, pengendalian pandemi, peningkatan derajat kesehatan atau tujuan jangka pendek lainnya. Namun juga harus responsif terhadap tuntutan yang jauh lebih luas dan panjang yakni kesejahteraan dan kemakmuran seluruh warga masyarakat Kabupaten Magelang.


"Untuk itu, saya minta kepada saudara-saudara sekalian yang hari ini dilantik agar bergerak lebih cepat melakukan adaptasi dan langsung meningkatkan kinerjanya, sehingga program-program kegiatan yang sedang dijalankan di tempat saudara-saudara sekalian bekerja nantinya, bisa berjalan lebih cepat dan lebih responsif terhadap berbagai tuntutan publik dan dinamika yang berkembang saat ini," tuturnya.


Zaenal meminta kepada seluruh pejabat yang baru saja dilantik hari ini agar bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus motor penggerak berjalannya pembangunan daerah Kabupaten Magelang. 


"Lakukanlah lompatan-lompatan yang akan mempercepat transformasi kegiatan, dan buatlah inovasi-inovasi dalam pelaksanaan program kerja masing-masing dalam upaya mempercepat realisasi Visi Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (SEDAYA AMANAH)," katanya.


Ia meminta kepada para pejabat yang baru saja dilantik ikut serta menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat dengan senantiasa mengedepankan budi pekerti, etika, etos kerja dan profesionalisme agar peran dan pengabdiannya benar-benar bisa dirasakan oleh warga masyarakat.


Pada kesempatan yang sama, Zaenal menekankan bahwa jabatan baru yang akan diemban ini merupakan sebuah amanah dari Pimpinan yang wajib dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada pimpinan dan masyarakat Kabupaten Magelang, namun harus dipertanggungjawabkan pula kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar