Bupati Magelang Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Dilihat 3198 kali
BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin melantik lima pejabat pimpinan tinggi pratama. Mengingat masih dalam masa Pandemi Covid-19, pelantikan tersebut dilaksanakan secara virtual dari Ruang Command Center Setda Kabupaten Magelang dan Rumah Dinas Bupati Magelang.

Para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah Sarifudin yanga sebelumnya menjabat Kepala Bagian Hukum kini menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH); Joni Indarto yang semula menjabat Camat Borobudur kini menjadi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan; Slamet Achmad Husein yang semula menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kini menjadi Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga.

Kemudian, Sugiyono yang semula menjabat Kepala Bappeda dan Litbangda kini menjadi Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, serta Edy Susanto Kepala Pelaksana BPBD kini menjabat Kepala Disdukcapil.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya seleksi pejabat pimpinan tinggi pratama ini dilaksanakan secara terbuka dan tetap menerapkan prinsip-prinsip merit system sesuai Surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 52/2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19.

"Ada benang merah yang jelas yang harus kita bersama jadikan perhatian, bahwa pelantikan pada hari ini menjadi momentum bagi kita bersama dan saudara yang dilantik untuk menunjukkan tekad yang kuat, bersemangat inovasi, penuh kejujuran, dan berdedikasi tinggi dalam mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19," kata Zaenal.

Ia menekankan agar para pejabat pimpinan tinggi pratama sebagai unsur pimpinan di unit kerja/OPD dituntut benar-benar bisa menggerakkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada guna mendukung arah kebijakan pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2021 di tengah terpaan pandemi, yang ditujukan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pemerataan infrastruktur publik dan pemberdayaan ekonomi lokal yang berdaya saing.

Menurutnya, Ini adalah tugas yang tidak ringan mengingat di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini masih adanya kebijakan refocusing anggaran di Tahun Anggaran 2021 mendatang.

"Oleh karena itu, dengan sumber daya anggaran yang terbatas ini, saudara-saudara sekalian yang hari ini saya lantik harus benar-benar bisa mengoptimalkan penggunaan anggaran di bawah kewenangan Saudara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mengurangi kemiskinan dan pengangguran, serta menguatkan kapasitas tata kelola pemerintahan di Kabupaten Magelang," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal juga berpesan agar para pejabat yang baru saja dilantik bisa menjadi teladan bagi jajaran di bawahnya dalam menunjukan karya nyata dan kinerja terbaik di tengah Pandemi.

"Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tunjukkan semangat kegotongroyongan dalam membangun dan mensejahterakan warga masyarakat Kabupaten Magelang.

Semoga pelantikan hari ini menjadi bagian dari semangat kita untuk mewujudkan Kabupaten Magelang yang lebih Sejahtera, lebih Berdaya Saing dan lebih Amanah," tutup Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar