Bupati Magelang Lantik Kepala Disdukcapil

Dilihat 997 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin melantik Raden Anta Murpuji Antaka menjadi Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magelang. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Magelang dan disaksikan oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang secara virtual dari Ruang Command Center Pustaka Gemilang, Jumat (20/1/2023).


Sebelum menjabat sebagai Kepala Disdukcapil, Raden Anta Murpuji Antaka menjabat sebagai Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Magelang.


Bupati dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan ini merupakan sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi pegawai, dalam upaya peningkatan kompetensi aparatur ke arah tercapainya sumber daya yang handal dan profesional.


"Melalui pelantikan ini, saya ingatkan kepada Saudara (R Anta Murpuji Antaka) untuk segera lakukan penyesuaian dengan tugas-tugas yang baru dengan bekerja keras, jujur, ikhlas, memiliki rasa tanggung jawab dan menjadi teladan dalam lingkungan kerja Saudara.

Saya tekankan juga, agar Saudara dapat memegang amanah ini dengan sebaik-baiknya dan menjadikannya sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja, prestasi dan disiplin," tutur Zaenal Arifin.


Melalui pelantikan ini, Zaenal juga menyampaikan, beberapa hari yang lalu dirinya telah menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se-Indonesia di Bogor. Dalam Rakornas itu Presiden Joko Widodo memberikan arahan, agar daerah lebih berhati-hati dalam menjaga laju inflasi, utamanya dalam mengeluarkan kebijakan yang dapat berpotensi meningkatkan inflasi di daerah.


Presiden Joko Widodo juga mengajak untuk meningkatkan belanja APBD dengan membeli produk-produk buatan dalam negeri, yang mana saat ini realisasi belanja produk dalam negeri dari APBN maupun APBD hanya mampu mencapai 61 persen.


Dan tidak kalah penting, masing-masing daerah harus dapat menekan angka gagal tumbuh pada anak atau stunting, mengingat Indonesia akan mencapai puncak bonus demografi pada 2030-2035, sehingga pengembangan sumber daya manusia harus terus dioptimalkan.


"Jadikan perhatian saudara yang baru saja dilantik untuk menunjukkan tekad yang kuat dalam mendorong dan mendukung apa yang menjadi harapan Bapak Presiden, sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam upaya mensukseskan Program Pembangunan Nasional," katanya.


Pada awal tahun ini, ia juga mengajak seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang yang hadir pada acara pelantikan tersebut untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kinerja, serta dalam menjalankan rencana kerja pada tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.


"Harapannya, pada tahun keempat jabatan saya selaku Bupati Magelang ini, saudara-saudara dapat mengaktualisasikan sekaligus dapat menjadi pijakan dalam menyongsong tema pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2024 yaitu Perwujudan Masyarakat yang Sejahtera Berdaya Saing dan Amanah," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar