Bupati Magelang Lantik Kepala Bappeda Litbangda, Dispermades dan BPBD

Dilihat 2203 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang, Zaenal Arifin melantik dan mengambil sumpah janji tiga pejabat pimpinan tinggi pratama. Pelantikan tersebut dilaksanakan secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (1/4/2021).


Ketiga pejabat pimpinan tinggi pratama tersebut adalah Labbaika Nugroho Camat Muntilan kini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. 


Kemudian, M Taufiq Hidayat Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa kini menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbangda). Serta Edi Wasono Kepala Bagian Hukum kini menjabat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang.


Bupati Zaenal menyampaikan pelantikan tersebut merupakan bukti keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dalam merespon isu dan permasalahan aktual yang berkembang pada saat ini.


Diantaranya, masih tingginya ancaman bencana di Kabupaten Magelang seperti angin puting beliung, fluktuatifnya aktivitas Gunung Merapi, banjir dan tanah longsor serta potensi bencana yang lain, memerlukan mitigasi dan penanganan bencana yang sistematis, efektif serta mampu meminimalkan dampak dan risiko bencana. 


Selain itu Pandemi Covid-19 yang telah berdampak besar terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat perlu terus mendapatkan perhatian serius, sehingga Pemerintah Daerah akan terus hadir agar warga masyarakat Kabupaten Magelang bisa tetap berdaya, produktif, sehat dan sejahtera. 


Bupati menambahkan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan merupakan bagian dari upaya penyegaran organisasi dalam rangka penataan dan pemenuhan formasi jabatan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, guna mewujudkan optimalnya kinerja Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan publik.


Ketiga pejabat yang dilantik telah melewati proses dan tahapan seleksi terbuka dengan berbasis prinsip merit system sesuai dengan Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 52/2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi Pemerintah.


"Dengan mekanisme tersebut, saya optimis proses pengangkatan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang secara yuridis telah memenuhi norma perundang-undangan yang berlaku dan terpilih pejabat yang memiliki kompetensi sesuai standar kompetensi jabatan yang telah ditetapkan," kata Zaenal.


"Saya berharap agar para pejabat yang hari ini dilantik agar bisa menjadi teladan bagi jajaran di bawahnya dalam menunjukkan karya nyata dan kinerja terbaiknya di tengah pandemi. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tunjukkan semangat kegotongroyongan dalam membangun dan mensejahterakan warga masyarakat Kabupaten Magelang," pesan Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar