Bupati Magelang Kembali Raih Top Pembina BUMD

Dilihat 247 kali
Dewan Pengawas PD BPR Bank Bapas 69, Tri Hendarini SE mewakili Bupati Magelang menerima penghargaan dalam Ajang penghargaan TOP BUMD 2020 (Badan Usaha Milik Daerah).

BERITAMAGELANG.ID--Bupati Magelang, Zaenal Arifin kembali meraih Penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD 2020. Selain itu prestasi gemilang juga di capai oleh Bank Bapas 69 antara lain, sebagai TOP CEO BUMD 2020 kepada, Teguh Wiharso Direktur Utama Bank Bapas 69, TOP BUMD 2020 (Star #5), dan penghargaan  TOP OF THE TOP BUMD 2020.


Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Juri Prof Dr Djohermansyah Djohan dan diterima oleh Dewan Pengawas PD BPR Bank Bapas 69, Tri Hendarini SE mewakili Bupati Magelang. Ajang penghargaan TOP BUMD 2020 (Badan Usaha Milik Daerah) ini diberikan oleh Majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga tim penilai, bertempat di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020 lalu.


Untuk diketahui, kegiatan TOP BUMD Award ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016. Acara penganugerahan TOP BUMD Awards diselenggarakan, dengan mengikuti Protokol Kesehatan, dan dihadiri oleh 470 peserta (masih dibawah 50% kapasitas Ballroom), termasuk Kepala Daerah dan TOP Manajemen BUMD seluruh Indonesia. Untuk tahun 2020 ini, tema yang diangkat adalah 'Strategi Keberlangsung Bisnis BUMD di era New Normal'.


Beberapa BUMD Terbaik di Indonesia, mendapat penghargaan TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni Top Of The Top BUMD 2020. Diantaranya adalah Perumda Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, Perumda Air Minum.


Selain itu juga ada, Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, dan BPR Batola Kab. Barito Kuala.


M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2020, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards, insya Allah merupakan kegiatan award BUMD terbesar di Indonesia. Kegiatan Top BUMD Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh majalah Top Business, sejak 2016. Mulai tahun 2020 ini, majalah Top Business menyelenggarakan TOP BUMD Awards, bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), dan beberapa asosiasi dan konsultan bisnis.


TOP BUMD Awards 2020 ini, diikuti oleh 163 BUMD Finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 7%, dibanding tahun 2019 sebanyak 152 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk Wawancara Penjurian, yang telah diselenggarakan secara online, sejak 16 Maret - 8 Juni  2020 secara Online. Ada 8 Profesor dan beberapa Doktor diantara 30 Dewan Juri yang juga pakar dan ahli dibidang manajemen Bisnis dan BUMD, yang melakukan penilaian  dalam TOP BUMD Awards ini.


"Dengan segala kerendahan hati, mudah-mudahan, kegiatan TOP BUMD Awards ini, terus menjadi kegiatan BUMD Awards yang Terbesar, Paling Kredibel, Paling Bermanfaat di Indonesia," ujar Lutfi.


Menurutnya, kegiatan TOP BUMD Awards, bukan hanya sekedar kegiatan pemberian penghargaan. Namun didalamnya, juga mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama untuk BUMD Peserta.


"Kami selalu membudayakan adanya Sesi Nilai Tambah dalam Wawancara Penjurian atau Award yang diselenggarakan oleh majalah Top Business. Dalam Sesi Nilai tambah tersebut, Dewan Juri memberikan input, saran, dan masukan kepada peserta, sebagai feedback untuk perbaikan kedepan," ungkapnya.


Dalam keynote speech-nya, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mendorong agar BUMD melakukan 'Gerakan Sinergi BUMD' yakni sinergi antar BUMD, dan sinergi BUMD dengan BUMN.


"Para Kepala Daerah, harus terus membina, mengarahkan, dan memfasilitasi BUMD, agar terus berkembang serta mampu meningkat kinerja dan layanannya, untuk membangun daerah, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru," tegas Wapres.


Wapres juga mengapresiasi kegiatan penghargaan seperti TOP BUMD Awards. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memacu kinerja dan layanan BUMD, guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi di daerah dan pemulihan ekonomi nasional.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar