Bupati Magelang Kembali Raih Penghargaan Top Pembina BUMD

Dilihat 1928 kali
Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto menerima penghargaan Top Pembina BUMD di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, Kamis (03/05).

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang kembali meraih prestasi Nasional. Kali ini Bupati Magelang  menerima  penghargaan sebagai Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2018. Penghargaan ini diberikan karena Bupati berhasil membina BUMD di Kabupaten Magelang.

"Penghargaan ini diterima karena peran Bupati dalam membina BUMD, dan ini penghargaan yang ke sekian kalinya untuk Kabupaten Magelang," kata Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto usai menerima penghargaan di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, Kamis (03/05).

Dalam kesempatan ini, Perusahaan Daerah PD BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang meraih 4 award pada 2018 ini yakni sebagai Top Pembina BUMD (Bupati Magelang) Top BUMD, Top BPR, serta Best CEO BUMD (Frans Suharmaji, Dirut Bapas).

"Selain itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Gemilang juga meraih penghargaan kategori TOP PDAM Bidang kontribusi ke desa dalam konservasi Sumber Daya Air," lanjut Tavip.

Kabupaten Magelang berhasil menyisihkan 500 lebih Kepala Daerah yang lain sebagai Pembina Terbaik BUMD. Penghargaan Top BUMD ini sebagai pemacu bagaimana BUMD yang ada di Kabupaten Magelang bisa memberikan manfaat dan kontribusi terhadap masyarakat luas.

"Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, BUMD juga diharapkan bisa berkontribusi untuk pendapatan daerah. Penghargaan yang diterima  diharapkan bisa memacu BUMD lainnya untuk lebih berkontribusi," pungkas Tavip.

Ketua Dewan Juri Top BUMD 2018, Laode M. Kamaluddin, mengatakan keberadaan BPR mengemban tugas yang mulia dengan cara melakukan pemberantasan rentenir secara konsisten karena menghindarkan masyarakat ekonomi kelas bawah dari jeratannya yang mengenakan bunga pinjaman hingga puluhan bahkan ratusan persen.

"Kehadiran BPR dalam pemberantasan renternir, harus kita dukung dan kita apresiasi karena itu adalah salah satu upaya nyata untuk mendorong masyarakat bawah menjadi naik kelas, dan tidak terjebak dalam jeratan kemiskinan yang berkelanjutan," ungkap Laode.

Penghargaan Top BUMD rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Bussiness News dan Asia Bussiness Research Center. Top BUMD merupakan satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. Kegiatan Top BUMD 2018 dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat serta pemerintah daerah guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Penghargaan kepada Gubernur diberikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan untuk para Bupati / Walikota diserahkan  oleh Wakil Deputi Komisioner Pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Roberto Akyuwen.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar