Bupati Magelang Imbau Warga Waspada Peningkatan Aktifitas Gunung Merapi

Dilihat 2742 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin SI P

BERITAMAGELANG.ID_Terkait peningkatan aktifitas Gunung Merapi Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP kembali mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu masyarkat juga dihimbau untuk mematuhi rekomendasi jarak aman dalam beraktifitas yang dikeluarkan oleh Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

"Tiga kilometer dari puncak ini yang dimaksud seperti merumput mencari kayu bakar untuk ditunda terlebih dahulu dan mencari lokasi alternatfi lain," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin saat mengukuhkan Satgas Jogo Tonggo Desa Pandanretno Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Rabu (8/7/2020).

Zaenal mengungkapkan sesuai hasil koordinasi dengan BPPTKG jika implikasi ancaman terkait kondisi Gunung Merapi saat ini,yakni ancaman jangka pendek yakni apabila kubah lava tumbuh hingga mencapai volume kritis, kemudian longsor membentuk awan panas disertai letusan eksplosif. 

"Kami juga sudah berkoordinasi langsung dengan Kepala BPPTKG Hanik Humaida bahwa memang terjadi pembentukan kubah lava baru di puncak Gunung Merapi. Kalau ini terjadi maka akan terjadi letusan eksplosif," jelasnya.

Untuk mengantisipasinya, menurutnya adalah dengan melakukan sosialisasi kepada warga di wilayah paling rentan terkait kondisi terkini Gunung Merapi dan simulasi peringatan dini.

Masyarakatdi Kawasan Rawan Bencana (KRB) lereng Gunung Merapi juga dihimbau untuk menjaga jarak aman dalam beraktifitas khususnya di zona bahaya awan panas. Sesuai rekomendasi BPPTKG jarak aman untuk beraktiftias bagi masyarakat adalah berada di radius tiga kilometer dari wilayah puncak Merapi.

Saya perintahkan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD untuk melakukan komunikasi dengan warga masyarakat yang ada di radius tiga kilometer untuk tidak melakukan aktifitas terlebih dahulu," lanjut Zaenal..

Menurut Zaenal langkah antisipasi ini perlu disampaiakan kepada masyarakat agar terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Lebih jauh Ia berharap semoga Gunung Merapi dalam kondisi aman dan warga masyarakat Kabupaten Magelang dapat hidup bersama berdampingan dengan alam Merapi.

"Harapannya semoga dalam minggu-minggu ini tidak terjadi apa-apa dan kita bisa melewati itu dengan baik," harap Zaenal

Hingga saat ini akfititas Gunung Merapi masih dilevel dua Waspada, sejumlah langkah antisipasi telah dilakukan oleh Pemkab Magelang melalui BPBD khususnya dalam mengatasi masalah pengungsi dan fasilitas kecukupannya. Upaya mengatasi pengungsi adalah dengan program Sister Village atau desa bersaudara yakni warga desa teratas di lereng Merapi akan mengungsi di desa aman yang telah sepakat menjadi sodara dalam mengatasi pengungsi Gunung Merapi.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar