Bupati Magelang Dorong Langkah Percepatan Realisasi Keuangan

Dilihat 1178 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin meminta agar dilakukan langkah-langkah percepatan secara koordinatif, sehingga realisasi keuangan dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini diungkapkan saat Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor POK) terpadu akhir triwulan I Tahun 2021, melalui video conference dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (27/4/2021).


Dari laporan yang telah diterima oleh Bupati Magelang, sampai dengan akhir bulan Maret 2021 realisasi fisik tertimbang adalah sebesar 24,23 persen. Sementara realisasi keuangan baru mampu mencapai 6,96 persen. Menurutnya, capaian kinerja fisik untuk triwulan I tahun 2021 sudah lebih baik dibandingkan tahun 2020 pada periode yang sama.


"Sedangkan untuk kinerja keuangan, saya masih menaruh harapan agar segera dilakukan langkah-langkah percepatan secara koordinatif supaya ada perbaikan kinerja di triwulan selanjutnya, sehingga realisasi keuangan dapat mencapai target yang telah ditetapkan," pesan Zaenal saat memimpin Rakor POK.


Zaenal mengatakan, penyelenggaraan Rakor POK terpadu ini bertujuan untuk memberikan gambaran kinerja pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Magelang. Selain itu juga untuk mengevaluasi kinerja pelaksanaan kegiatan sampai akhir bulan Maret 2021 dengan mengidentifikasi kendala, permasalahan, dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.


Selain kegiatan yang dibiayai dari APBD murni, pada 2021 terdapat pula kegiatan-kegiatan yang dibiayai dari Bantuan Keuangan Provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Progress pelaksanaan Bantuan Keuangan kepada Kabupaten/Kota APBD Provinsi Jawa Tengah untuk Kabupaten Magelang Tahun Anggaran 2021, sampai dengan akhir bulan Maret 2021 ini, realisasi fisiknya sudah tercapai sebesar 4,92 persen dan realisasi keuangan sebesar 0 persen.


Sedangkan DAK, capaian kinerja fisik sampai akhir bulan Maret 2021 ini masih 0 persen dan realisasi keuangan yang telah tercapai dari DAK Fisik Reguler sebesar 0,0006 persen dan 0,36 persen dari DAK Fisik Penugasan.


"Berkaitan dengan hal ini, saya berharap kepada perangkat daerah pengampu bantuan keuangan Provinsi dan DAK untuk dapat memenuhi segala persyaratan pencairan sesuai ketentuan yang berlaku, dan dapat melaksanakan kegiatan dengan seoptimal mungkin," kata Zaenal.


Terkait pengadaan barang dan jasa, Bupati berharap agar segera masuk dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) sesuai dengan jadwal yang telah disusun.


Diketahui sampai dengan 20 April 2021, capaian pengumuman RUP Kabupaten Magelang tahun 2021 telah mencapai 97 persen dari paket pekerjaan pada 2021 dan telah ditetapkan 10 paket strategis Pemerintah Kabupaten Magelang Tahun 2021 diantaranya, pembangunan RS Merah Putih, renovasi dan penataan gedung rawat jalan RSUD Muntilan, belanja pembangunan laboratorium kesehatan dan pembangunan Gedung IFK, dan penataan lingkungan Lapangan drh Soepardi.


"Dalam rangka pencapaian kinerja Tahun Anggaran 2021 ini, saya minta dengan sangat kepada para pengguna anggaran untuk segera mengambil langkah cepat. Segera lakukan akselerasi percepatan fisik dan penyerapan anggaran yang bersumber dari APBD maupun non APBD dengan tetap mempedomani ketentuan peraturan perundangan yang berlaku," pungkas Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar