Bupati Magelang Awali Vaksinasi Covid-19

Dilihat 1485 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin divaksinasi Covid-19 bersama istrinya, Tanti Zaenal Arifin dan Gus Ali di Rumah Dinas Bupati Magelang, Senin (25/1/2021). Pada waktu yang sama, Forkopimda juga divaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Merah Putih.


"Saya baru saja pertama kali divaksinasi dan mencanangkan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang. Nanti akan dilakukan vaksinasi lagi dua minggu yang akan datang tepatnya tanggal 8 Februari 2021," kata Zaenal usai divaksinasi.


Zaenal mengatakan vaksinasi Covid-19 ini penting diikuti oleh seluruh masyarakat sebagai tanggung jawab pribadi dan upaya untuk menjaga negeri.


Ia menjelaskan, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, vaksinasi pertama diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes), selain itu juga termasuk diikuti oleh kepala daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.


"Oleh karena itu kita juga mengajak Kyai H.M. Agus Aliqoishor sebagai salah satu pengasuh pimpinan pondok pesantren (Watucongol) untuk mewakili masyarakat dari sisi halal dan aman untuk dilakukan vaksinasi tersebut," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Zaenal mengimbau masyarakat untuk ikut serta mensukseskan jalannya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang. Bagi masyarakat yang sudah divaksinasi ia berpesan agar tetap menjalankan protokol kesehatan.


"Meskipun nanti sudah divaksin, Prokesnya jangan lupa. Harus tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan harus tetap dilakukan," tegasnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Magelang sebagai salah satu upaya untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity), dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.


Total sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang sebanyak 795.580 orang dengan rincian, sumber daya manusia kesehatan 2.794 orang, pelayan publik 42.865 orang, masyarakat rentan 404.502 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 181.945 orang, masyarakat rentan lainnya (lansia) 163.474 orang.


"Kabupaten Magelang mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 5.640 dosis untuk 2.794 sumber daya manusia kesehatan dan 10 VVIP daerah. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini ditargetkan selesai pada tanggal 28 Januari 2021," kata Retno.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar