Bupati Magelang dan Istri Terima Penghargaan Tertinggi Satyalencana

Dilihat 133 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang, Zaenal Arifin dan istrinya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya (SWK) dan Satyalencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, di Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Banjarbaru, Sabtu (6/7).


Penghargaan tersebut diberikan setelah dilakukan proses penilaian dan verifikasi lapangan Tim Peninjau Lapangan Calon Penerima Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya tahun 2019 dari Sekretariat Negara, pada 9 April 2019.


Berdasarkan penilaian, Bupati Magelang dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap program KKBPK di Kabupaten Magelang, sehingga bersama 17 Bupati/Walikota lainnya mendapatkan penghargaan Satyalencana Pembangunan.


Untuk Provinsi Jawa Tengah sendiri, yang mendapatkan penghargaan SP adalah Bupati Magelang dan Bupati Blora. Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani, juga dinilai memiliki komitmen dan prestasi dalam bidang KKBPK yang berhasil mengajak dan mempengaruhi masyarakat untuk mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) melalui kegiatan terpadu 'Kampung KB', IVA Test, dan penyuluhan lainnya yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan Ibu dan Anak.


Bupati Magelang, Zaenal Arifin merasa bersyukur atas penghargaan yang telah diterimanya. Namun demikian, menurutnya kerja keras tidak hanya sampai pada penghargaan ini.


"Saya rasa dapat atau tidak dapat penghargaan, hal ini sudah menjadi kewajiban untuk terus melakukan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang ke depan harus terus semakin lebih baik lagi," ujar Bupati.


Puan Maharani meminta agar peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tidak dilaksanakan secara seremonial saja, namun juga harus konkrit serta memiliki tujuan memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa keluarga merupakan pondasi penting guna membangun keluarga yang sejahtera.


"Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang tentram, sejahtera, dan berbudaya," ujar, Puan dalam sambutannya pada puncak acara Hari Keluarga Nasional ke XXVI.


Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, menambahkan, rangkaian peringatan HARGANAS XXVI Tingkat Kabupaten Magelang tahun 2019 sudah dimulai sejak 4 April 2019 dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, lomba KB Pria, KB Lestari dan Bidan Mandiri.


"Rangkaian selanjutnya adalah dialog interaktif sosialisasi pendewasaan usia perkawinan, Seminar kesehatan, dan lain sebagainya. Sedangkan puncak HARGANAS pada tanggal 18 Juli 2019 akan diselenggarakan seminar Hari Keluarga dengan tema 'Keluarga Yang Berkualitas Wujudkan Anak Yang Smart'," pungkas Retno.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar