Bupati Magelang Buka TMMD Sengkuyung Di Desa Krincing, Secang

Dilihat 1887 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Krincing Secang

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023 dengan mengangkat tema 'Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat' di halaman MIN Krincing, Desa Krincing, Kecamatan Secang, Rabu (10/5/2023). Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I ini juga dihadiri segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, OPD terkait dan jajaran Forkompimcam Secang.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya menyampaikan, TNI bersama rakyat merupakan jati diri TNI yang sudah tidak bisa diragukan lagi, yang menjadi sumber kekuatan moral dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui Program TMMD Sengkuyung Tahap I Tingkat Kabupaten Magelang Tahun Anggaran 2023 di Desa Krincing Kecamatan Secang, yang dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 10 Mei hingga 8 Juni 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Padan dan Dusun Kerten, Desa Krincing, Kecamatan Secang ini berupa pembangunan fisik betonisasi jalan dengan volume panjang 500 meter dan non fisik berupa penyuluhan kesehatan dari OPD terkait dan penyuluhan Kamtibmas/Anti Narkoba, wawasan kebangsaan, bela negara dari TNI dan jajaran Kepolisian.

"Disinilah kami melihat, kegiatan TMMD sebagai bentuk karya bhakti dan kemanunggalan TNI yang pada dasarnya mempunyai dua dimensi sasaran yaitu sebagai upaya untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat guna mendukung terwujudnya ketahanan wilayah dalam sistem pertahanan semesta. Kemudian untuk memotivasi dan menumbuhkan semangat kegotong-royongan guna menciptakan proses pemberdayaan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam akselerasi pembangunan di pedesaan," kata Zaenal Arifin.

Lanjut Zaenal, untuk mendukung kedua sasaran tersebut, TNI sebagai komponen utama dalam Sitem Pertahanan Semesta (Sishanta) tentu membutuhkan dukungan dan kerjasamanya dengan rakyat.

"Kami memandang kegiatan TMMD seperti ini perlu untuk diselenggarakan dan dikembangkan secara terus menerus, karena selain ditujukan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, juga sebagai wadah efektif bagi TNI untuk menjaga dan memelihara silaturahmi serta komunikasi dengan rakyat," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal juga mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar TNI, Polri dan juga segenap lapisan masyarakat lainnya yang telah berpartisipasi secara aktif, baik langsung maupun tidak langsung dalam mendukung kegiatan TMMD kali ini.

"Tentu saja semuanya itu merupakan wujud solidaritas dan tanggung jawab kita bersama dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dalam rangka menumbuhkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan," katanya.

Usai upacara pembukaan TMMD, jajaran Forkompimda yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto langsung memantau lokasi pembangunan fisik betonisasi jalan yang menghubungkan Dusun Pandan dan Dusun Kerten.

"Kami berharap pembangunan jalan atau betonisasi jalan ini bisa segera selesai tepat waktu sehingga segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, yang tujuan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Krincing ini," pungkas Adi.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar