Bupati Magelang: ASN dan PPPK Bertugas Layani Publik

Dilihat 1105 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memiliki ikatan yang harus dipertanggungjawabkan. Hal tersebut ditekankan oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menjadi Narasumber acara orientasi pengenalan nilai dan etika pada instansi Pemerintah bagi PPPK angkatan IV, di Pusdiklat Pamong Desa Tegalrejo, Senin (27/9/2021).


"Pertanggungjawabanya ya Tuhan. Artinya itu sesuatu yang tidak main-main," tegas Zaenal.


Menurutnya, ASN dan PPPK yang masuk dalam jajaran Pemerintahan pasti diminta harus mengambil sumpah. Dan sumpah itulah yang nanti akan dipertanggungjawabkan. Selain pertanggungjawaban pekerjaan kepada Tuhan, PPPK harus mampu mempertanggungjawabkan kinerjanya secara ketatanegaraan dan kepada Kepala OPD terkait.


Zaenal juga menjelaskan Visi Kabupaten Magelang adalah Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah. Sementara Misi Kabupaten Magelang antara lain meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sejahtera dan berakhlak mulia, meningkatkan daya saing daerah yang berbasis pada potensi lokal dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang amanah.


"Untuk itu PPPK memiliki fungsi sebagai pelaksana dari kebijakan publik sekaligus sebagai pelayan publik," pesannya.


Jumlah total PPPK tahun 2021 sebanyak 222 yang dibagi menjadi 4 angkatan. Angkatan pertama adalah Penyuluh Pertanian sejumlah 58 orang, angkatan kedua Penyuluh Pertanian sebanyak 51 orang, angkatan ketiga Tenaga Pendidikan sebanyak 57 orang, sementara angkatan keempat adalah Tenaga Pendidikan 40 orang dan Tenaga Kesehatan sebanyak 15 orang.


Zaenal mengatakan PPPK Penyuluh Pertanian memiliki kewajiban mewujudkan ketahanan pangan. Hal ini disebabkan karena pertarungan ke depan salah satunya adalah pertarungan pangan.


Menurutnya, luas lahan pertanian ke depan akan semakin menyempit. Di samping itu ancaman global warming juga menjadi penyebab utama bencana kekeringan yang akan berdampak pada hasil pertanian.


"Maka ini akan menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya tanggung jawab Penyuluh Pertanian saja. Namun penyuluhan pertanian akan memiliki peran yang sangat besar terhadap salah satunya hasil pertanian kita nanti di Kabupaten Magelang," pungkas Zaenal.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar