Bupati Imbau Warga Tidak Panik Soal Corona

Dilihat 5607 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin mengimbau warganya agar tidak panik terkait mewabahnya virus corona di Indonesia. Apalagi sampai saat ini, Kabupaten Magelang masih dinyatakan aman dari covid-19.


Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,Zaenal Arifin menggelar rapat dengan dinas instansi terkait guna menyikapi wabah virus corona.


"Rapat ini merupakan langkah awal guna antisipasi kemungkinan mewabahnya corona di Kabupaten Magelang," katanya, Sabtu (14/3/2020).


Ia meminta dinas instansi terkait untuk dapat mengambil langkah-langkah antisipasi mewabahnya virus corona yang bisa masuk di Kabupaten Magelang.


"Karena ini telah menjadi permasalahan bersama maka kami berharap seluruh SKPD untuk dapat melakukan langkah langkah konkret dalam rangka melindungi masyarakat Kabupaten Magelang," ujarnya.


Meski demikian Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati serta berperilaku hidup sehat mengingat virus ini dapat menular serta menjangkit siapapun.


Lewat surat edaran nomor 440/064/05/2020 tertanggal 14 Maret 2020 Pencegahan dan penanganan Corona Virus Desease ( COVID-19) Di Kabupaten Magelang, Bupati menghimbau salah satunya adalah menghentikan, menunda atau membatasi semua aktivitas penyelenggaraan acara yang mengumpulkan banyak orang sampai batas waktu permasalahan COVID-19 mereda atau dinyatakan aman oleh Pemerintah.


"Kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks terkait dengan COVID-19 karena dapat memperkeruh suasana di masyarakat," tegasnya.


Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana menambahkan, virus korona saat ini masih mewabah di beberapa negara di dunia. Penyakit yang disebabkan oleh virus saat ini memberikan teror kepada masyarakat. Oleh karena itu kalau tidak segera ditangani makaa akan menimbulkan keresahan di masyarakat.


"Gencarnya pemberitaan terkait virus Corona di media sosial sangat luar biasa ini justru bisa menimbulkan ketakutan di masyarakat serta dapat berimbas di sektor-sektor lain," kata Edi.


Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dr. Sunaryo mengungkapkan virus corona di Kabupaten Magelang masih dalam status aman. Artinya belum ditemukan baik itu suspect (terduga) ataupun yang terjangkit dengan virus corona.


Ia menjelaskan, covid-19 merupakan jenis penyakit self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk itu kepada masyarakat untuk tidak panik dan percaya begitu saja dengan berita-berita yang beredar tanpa sumber yang jelas, yang kebanyakan hoax.

 

"Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus influenza. Corona virus menyebar melalui batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, atau bagian lain yang umum disentuh. Infeksi biasa terjadi pada anak-anak, namun siapa saja bisa terkena corona virus," ucapnya.


Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang bersama dinas instransi terkait akan terus melakukan pemantauan kepada masyarakat dalam rangka melindungi masyarakat dari COVID-19. Untuk itu diimbau kepada masyarakat yang memiliki keluhan-keluhan seperti gejala terjangkitnya virus ini agar segera menghubungi Public Safety Center (PSC) Kabupaten Magelang di nomor (0293) 3301010, melapor ke Dinas Kesehatan atau Puskesmas terdekat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar