Bupati Imbau Tekan Penggunaan Plastik Saat Pembagian Daging Kurban

Dilihat 1289 kali

BERITAMAGELANG.ID - Untuk menekan jumlah sampah, Bupati Magelang Zaenal Arifin, akan memberikan surat kepada para takmir masjid agar menggunakan besek dan daun pisang saat membagikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.


"Saya sudah bilang ke Pak Sekda supaya ditindaklanjuti untuk menggunakan besek saja dan daun pisang pada saat hari Raya Idul Kurban, tentunya ini lebih higienis juga. Dengan ini kita juga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat," ungkap Zaenal, Rabu (7/8).


"Marilah kita menggunakan alam kita ini dan lebih ramah dengan alam kita ini dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.


Zaenal juga meminta kepada seluruh warga masyarakat agar bisa menjadi agen-agen untuk menekan jumlah sampah di Kabupaten Magelang, termasuk di kelembagaan Pemerintah Daerah.


"Saya minta rapat-rapat, sudahlah kita tinggalkan yang berbau plastik. Kalau harus pakai lepek ya pakailah lepek. Kalau minum ya pakailah gelas. Maka kita ini yang harus menjadi teladan lebih dulu," pesannya.


Tambah Zaenal, jumlah penduduk di Kabupaten Magelang kurang lebih 1,28 juta jiwa dan sumbangan sampah per orangnya 0,5 kg per hari, maka dalam satu bulan akan terkumpul ratusan ton sampah.


"Kita mau punya lahan yang begitu besar pun juga tidak akan pernah selesai masalah sampah ini. Jadi tidak usah muluk-muluk, mulai dari diri kita masing-masing saja untuk mengurangi penggunaan plastik setiap harinya," ajaknya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar