Bupati Magelang Dukung Pembangunan Balkondes Giripurno

Dilihat 2366 kali
PERESMIAN. Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP resmikan Kampung KB di Dusun Gayam, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP mengungkapkan apresiasinya terkait pencanangan Kampung KB di Dusun Gayam, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (04/10).

"Semoga dengan dicanangkannya Kampung KB di Dusun Gayam ini, tidak hanya semata-mata menekan laju pertumbuhan penduduk saja, melainkan juga dapat mensejahterakan masyarakat di Desa ini," ujar Zaenal.

Terkait pembangunan Balkondes di Desa Giripurno, Zaenal memberikan dukungan kepada pemerintah desa untuk segera menyelesaikan pengadaan lahan serta mempersiapkan SDM.

"Terkait pembangunan Balkondes, maka pemerintah desa harus segera membahas mengenai lahan yang akan digunakan sebelum akhir tahun 2018. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai kesiapan SDM yang nantinya juga akan ikut terlibat dalam mengelola Balkondes tersebut," papar Zaenal.

Kepala Desa Giripurno, Borobudur, Sukisno, mengatakan, Kementerian BUMN menghendaki 20 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) berdiri di setiap Desa di Kecamatan Borobudur, Magelang. Namu demikian, masih ada satu desa yang belum memiliki Balkondes hingga saat ini, yakni Giripurno. 

"Belum adanya Balkondes di Desa Giripurno ini memang terkendala dengan pengadaan lahan. Karena untuk mendirikan Balkondes itu memang membutuhkan lahan yang cukup luas, kurang lebih 3.000 meter persegi. Di samping itu, terkadang kita juga terkendala dengan izin dari masyarakat," ucap Sukisno, dalam pidato sambutannya saat peresmian Kampung KB, di Desa Giripurno Borobudur. 

Terkait hal tersebut, pihaknya akan segera melakukan rembug desa untuk membahas rencana pembangunan Balkondes Giripurno sebelum akhir 2018.

"Kita akan segera melakukan rembug desa, sesuai dengan arahan Pak Bupati dan Pak Camat, bahwa kita harus menentukan tempat untuk pembangunan Balkondes sebelum akhir tahun 2018. Karena di tahun 2019, Dana yang dikucurkan ke desa dari BUMN sudah hangus, maka untuk tahun ini, sebelum masuk tahun 2019 kita harus sudah mempunyai atau menentukan tanah untuk pembangunan Balkondes itu," terang Sukisno.

Dalam hal ini, lanjut Sukisno, pihaknya akan bekerja sama dengan masyarakat, dengan cara menyewa tanah, sebagai solusi keterbatasan anggaran.

"Ke depan, kita tidak perlu membeli tanah, melainkan kita akan bekerja sama dengan masyarakat dengan cara sewa tanah untuk membangun Balkondes tersebut, mengingat keterbatasan anggaran," jelas Sukisno.

Namun apabila dalam penggunaan lahan masyarakat itu tetap menemui kendala, pihaknya akan menggunakan lahan di sekitaran balai desa, sehingga akan menyatu dengan pemerintah desa. Sedangkan terkait support dari luar, Sukisno menuturkan sudah ada yang mendukung dari segi pendanaan.

"Selain dari BUMN sendiri, kita akan didukung oleh PT Pupuk Indonesia, dengan jumlah nominal sebesar Rp 2 milyar untuk pembangunan dan pembinaan pada masyarakat," tutupnya.

Dalam peresmian Kampung KB di Dusun Gayam, Bupati Magelang Zaenal juga sempat mencoba memerah susu kambing etawa, yang menjadi salah satu komoditi di Desa Giripurno.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar