Bupati dan Kapolres Magelang Pantau Vaksinasi Anak di Desa Banyusidi Pakis

Dilihat 365 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Zaenal Arifin bersama Kapolres Magelang AKBP Sajarod Zakun meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Desa Banyusidi, Pakis, Selasa (11/1).


"Hari ini saya bersama Pak Kapolres Magelang berada di Desa Banyusidi Kecamatan Pakis memastikan vaksinasi untuk dosis 2 dewasa/orang tua, sekaligus memulai vaksinasi untuk anak-anak. Hari ini kita vaksinasi anak-anak di wilayah Banyusidi ini sekitar 111 anak," kata Bupati saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Banyusidi.


Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki target di bulan Januari untuk memberikan vaksinasi kepada anak-anak usia 6-11 tahun sekitar 100 ribu dosis. Sehingga dapat dipersiapkan langkah berikutnya untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM).


"Harapannya, anak-anak ini nanti sudah bisa melakukan PTM 100 persen, tapi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat sehingga nantinya tidak ada penularan lagi supaya kita bisa melakukan aktivitas dan membangun sektor ekonomi secara bersama-sama. Harapannya dua minggu lah sudah selesai (vaksinasi anak)," ujar Zaenal.


Kepala Desa Banyusidi, Yuwono menjelaskan sudah kesekian kalinya vaksinasi secara massal baik untuk lansia dan masyarakat umum dilakukan di desa tersebut, bekerja sama dengan Kodim 0705/Magelang dan Polres Magelang. Namun demikian, pemberian vaksin kali ini ada yang berbeda, yakni dalam rangka menyukseskan program pemerintah yaitu vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.


"Vaksinasi dosis pertama anak usia 6-11 tahun akan dilaksanakan pada hari ini dengan total 111 siswa, yang akan dilanjutkan besok pagi ada 4 SD kurang lebih sebanyak 481 anak. Sementara untuk dewasa/orang tua kami menyediakan sebanyak 1.192, jadi total keseluruhan sebanyak 1.303 dosis," jelas Yuwono.


Menurutnya, selama ini masyarakat di Desa Banyusidi sangat antusias dan welcome untuk mendapatkan vaksinasi baik untuk dosis pertama dan kedua. Bahkan, pihaknya sempat mengalami kekurangan stok vaksin.


"Kemarin vaksinasi dengan Kodim itu sampai kurang. Disediakan 1.500 vaksin, namun yang mendaftar sampai sekitar 1.700 orang," katanya.


Capaian vaksinasi Kabupaten Magelang saat ini untuk dosis 1 74 persen, dosis 2 50 persen lebih. Sementara untuk anak sudah mencapai 28 ribu dari 113.853 sasaran.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar