Bulan Ramadan, Universitas Muhammadiyah Magelang Raih Segudang Prestasi

Dilihat 3110 kali
Kampus Universitas Muhammadiyah Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang menorehkan sejumlah prestasi membanggakan, salah satunya mendapat 41 dana hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Kemenristek Dikti 2018.  Jumlah itu menempatkan UM Magelang sebagai ranking dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia, ranking dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Kopertis VI Jawa Tengah, dan ranking tiga PTS se-Indonesia. Di samping itu, UM Magelang menempati ranking 24 dari 430 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS se-Indonesia.

Prestasi lain, yakni dari Prodi Mesin Otomotif D3 berhasil meraih Akreditasi A setelah melalui visitasi akreditasi yang dilakukan pada 25-26 Mei 2018. Pencapaian tersebut menjadikan Prodi ini sebagai satu-satunya D3 Mesin Otomotif di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi A.

Dengan demikian, UM Magelang kini memiliki dua prodi terakreditasi sangat baik atau A yakni, Prodi S1 Hukum Ekonomi Syariah dan Prodi Mesin Otomotif D3.

Dalam waktu bersamaan, Dosen Mesin Otomotif Fakultas Teknik UM Magelang Dr. Muji Setiyo, MT. berhasil mendapatkan hak paten lima karyanya dari Kementerian Hukum dan HAM. Ia menjadi satu satunya dosen Prodi Mesin Otomotif di Indonesia yang  mendapatkan lima hak paten  sekaligus dalam jangka waktu hampir bersamaan.


Dosen Prodi Mesin Otomotif UM Magelang, Dr. Muji Setiyo, MT, meraih 5 hak paten hasil karyanya dari Kemenkum HAM RI

Kelima karya tersebut yakni Alat Penyambung Nepel Tabung Gas, Alat Pencampur Gas untuk Kendaraan Berbahan Bakar Gas, Alat Pencampur Gas dengan Venturi Sekunder untuk Kendaraan Berbahan Bakar Gas. Selain itu juga Alat Refrigerasi dari Proses Evaporasi LPG pada Kendaraan Berbahan Bakar LPG, dan Alat Pengaturan saat Pengapian pada Kendaraan Berbahan Ganda. Sementara itu hinga saat ini masih ada empat karya lain yang sudah terdaftar dalam proses pemeriksaan substantif untuk mendapatkan hak paten lagi.

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT mengungkapkan, pencapaian yang diperoleh UM Magelang merupakan anugerah dan berkah di bulan Ramadan.

"Alhamdulillah, doa serta kerja keras yang dilakukan oleh seluruh elemen yang berada di kampus diapresiasi oleh Allah dengan menganugerahkan hasil terbaik bagi kampus kami," katanya.

Lebih lanjut Eko menambahkan, dengan prestasi itu UM Magelang terus berbenah. Berupaya mengejar target lain berupa akreditasi institusi A dengan meningkatkan berbagai indikator yakni bidang akademik, kemahasiswaan, SDM, serta sarana prasarana. 

"Kami berharap pada penilaian akreditasi berikutnya UM Magelang dapat memperoleh akreditasi A," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar