Bulan Ramadhan, Pjs Bupati Magelang Ajak Warga Jaga Kerukunan

Dilihat 1488 kali
Tarawih dan Silaturahim, Pjs Bupati Magelang didampingi Kapolres Magelang ajak warga jaga kerukunan selama Ramadhan, Minggu (20/05)

BERITAMAGELANG.ID - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang Tavip Supriyanto mengajak warga Kabupaten Magelang senantiasa menjaga kerukunan serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masing-masing.

"Kabupaten Magelang selama ini sudah cukup kondusif namun masih perlu untuk terus ditingkatkan," katanya di sela agenda tarawih dan silaturahim (Tarhim) putaran kedua di Masjid Al Barkah Japunan Danurejo Mertoyudan, Minggu (20/05).

Tavip melanjutkan, beberapa saat lagi Kabupaten Magelang akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Magelang.

"Untuk itu kami berharap agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, tidak terpecah belah atau terkotak kotak. Meski beda pilihan, tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan," tegasnya.

Ia berharap Tarhim yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Magelang ini dapat mempererat tali silaturahmi antara ulama dan umaro

"Serta masyarakat dalam rangka menjaga ukhuwah Islamiyah," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo juga menegaskan pentingnya menjaga kewaspadaan dini terhadap lingkungan, mengingat akhir-akhir ini ketentraman masyarakat terusik dengan adanya terorisme serta tindak kejahatan yang dapat mengganggu ketentraman serta kekhusukan ibadah puasa.

"Kami berharap masyarakat dapat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sehingga sedini mungkin tindak kejahatan dapat diketahui atau terdeteksi," imbau Hari.

Hari menegaskan, kepolisian tidak mungkin mampu menjaga keamanan seluruh masyarakat mengingat terbatasnya personil, untuk itu peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam rangka ikut menjaga ketentraman lingkungan.

"Polri merasa prihatin meskipun telah dilakukan berbagai penindakan di masyarakat terkait beredarnya miras illegal, masih banyak terjadi di wilayah kita. Beberapa waktu lalu Polres Magelang memusnahkan 2.800 botol miras serta puluhan jerigen miras jenis ciu dan tuak," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan tali asih dari Bupati Magelang kepada imam masjid dan takmir serta bantuan dari Baznas Kabupaten Magelang berupa uang santunan untuk fakir miskin sebesar Rp. 15.000.000,-. Bantuan untuk lima mushola di sekitar lokasi tarhim masing-masing sebesar Rp. 1.000.000,-. Dana tersebut merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Magelang bersama Bank Jateng Syariah, Bank Bapas 69, BKK Muntilan dan PT Taman Wisata Candi Borobudur.

Tarhim putaran kedua diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang, serta Kepala Dinas dan Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar