BPBD Gelar Talkshow Penanggulangan Resiko Bencana

Dilihat 377 kali
.

BERITAMAGELANG.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Radio Gemilang mengadakan talkshow Penanggulangan Resiko Bencana, Selasa (15/10).


Acara yang mengambil tema Budaya Sadar Bencana sebagai upaya mitigasi bencana dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pengurangan Resiko Bencana tingkat nasional yang dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung pada 11-13 Oktober 2019.


Talkshow tersebut menghadirkan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Gunawan, dan Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kabupaten Magelang, Muzamil.


Hari Pengurangan Resiko Bencana bertujuan mengingatkan bahwa bencana harus dikenali di wilayah masing-masing.


"Tentunya kalau kita mengenali resiko bencana maka kita tentu akan bisa mengurangi resiko bencana tersebut melalui upaya-upaya sosialisasi, termasuk melalui talkshow ini dan peningkatan kapasitas masyarakat," jelas Gunawan.


Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kabupaten Magelang, Muzamil menambahkan, dalam rangka menunjang pengurangan resiko bencana di Kabupaten Magelang, BPBD mengadakan kegiatan budaya sadar bencana.


"Perlu diingat bahwa hampir seluruh wilayah Kabupaten Magelang mempunyai resiko bencana," ungkapnya.


Lebih Lanjut Muzamil mengatakan dalam Kegiatan Budaya Sadar Bencana ada beberapa kegiatan dilaksanakan, yakni lomba cerdas cermat dan bongkar pasang tenda tingkat SMP se Kabupaten Magelang.


Muzamil menuturkan, kejadian bencana bisa terjadi kapan, dimana dan pada siapa saja. BPBD Kabupaten Magelang menyisir dari kelompok pendidikan, sebelumnya untuk anak SD juga sudah ada sosialisasi simulasi penanggulangan bencana.


"Kami berharap dengan adanya sosialisasi tersebut akan tertanam bahwa bencana seperti itu dan apa yang harus mereka lakukan dan siapkan," harapnya.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar