Buka MTQ, Pjs Bupati Magelang Tekankan Pentingnya Generasi Muda Paham Iptek dan Imtaq

Dilihat 565 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto melantik Dewan Hakim sebagai juri sekaligus membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Pendopo Soepardi Setda Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/04).

BERITAMAGELANG.ID - Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto melantik Dewan Hakim sebagai juri sekaligus membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Pendopo Soepardi Setda Magelang, Selasa (17/04).

Dalam sambutannya, Tavip mengatakan Alqur'an mengandung banyak Falsafah dan kisah sejarah yang nyata pada umat umat terdahulu untuk memberikan pelajaran bagi umat saat ini.

"Termasuk kita sebagai umat Islam sudah seharusnya mempelajari, membaca, memahami maksudnya (Al Qur'an) lalu bersegera mengamalkannya, hal ini sangat penting terlebih bagi para pelajar yang dinilai masih labil secara emosi, apalagi di tengah-tengah derasnya arus budaya sosial dewasa ini yang datang dari berbagai penjuru," papar Tavip.

Tavip menekankan pentingnya Alqur'an sebagai mukjizat yang diberikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai pegangan dan petunjuk hidup seluruh manusia yang ingin mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup baik di dunia dan akhirat.

Selain itu ia berharap ajang MTQ ini bisa menjadi salah satu media menumbuhsuburkan syiar agama Islam sebagai bentuk penyeimbang dari ilmu keduniaan dan ilmu agama, sehingga pada akhirnya akan terbentuk manusia insani yang tidak saja pandai di bidang ilmu pengetahuan, ilmu dan teknologi tapi juga tetap teguh berpegang pada Iman dan Taqwa.

"Pendeknya, sebagai generasi insan yang mempunyai Iptek dan Imtaq," pungkas Tavip.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Magelang, Jawawi menerangkan kegiatan MTQ tahun ini diselenggarakan selama 3 hari pada 17-19 April 2018, dan diikuti perwakilan SD, SMP, SMA dan Pondok Pesantren di seluruh Kabupaten Magelang.

"Materi yang dilombakan yaitu cabang Tilawah golongan anak, remaja dan dewasa putra putri, cabang Tahfid dan Tilawah 1 dan 5 juz putra putri, dan cabang Tahfid 10/20/30 juz putra putri," papar Jawawi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar