Budidaya Ikan Air Tawar Menayu Melimpah

Dilihat 4297 kali
Panen ikan peternak Desa Menayu Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Sumber air melimpah sepanjang musim, membuat warga Desa Menayu Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang hidup berkecukupan dari budidaya ikan air tawar.


Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sido Makmur Desa Menayu, Leo Bayu Aji mengungkapkan budidaya ikan sudah turun temurun dilakukan warga Menayu. Dari empat dusun, sekitar 700 kepala keluarga menjalankan usaha budidaya ikan air tawar.


"Jenis ikan yang diternakan ada semua, utamanya jenis bibit (benih) ikan sisik," kata Leo, Selasa (28/01/2020).


Selain penyedia ikan jenis konsumsi, menurutnya, para peternak ikan Desa Menayu juga melakukan inovasi pola pembibitan. Dari inovasi mandiri itu, Desa Menayu menjadi salah satu pemasok benih ikan air tawar terbesar di Kabupaten Magelang.


"Ada 4 pasar ikan di Menayu. 2 pasar milik kelompok dan perseorangan, 2 pasar lagi yang punya desa," papar Leo.


Keberadaan pasar ikan tersebut menjadi ujung tombak pemasaran hasil panen warga Menayu. Untuk operasional, lanjut Leo, pasar dibuka setiap hari. Tidak hanya bibit maupun konsumsi, di empat pasar itu juga menjual berbagai jenis ikan hias yang sangat digemari masyarakat.


"Ikan hias seperti koi, komet, cupang, arwana dan lainnya juga diternakan di sini. Jualnya di pasar itu," imbuhnya.


Sektor lain yang tak kalah mendukung adalah pemanfaatan tanah kas desa untuk rumah makan dan pemancingan. Selain berbelanja ikan, masyarakat tentu dapat berwisata kuliner, hobi dan bersantai. 


Keberlangsungan pasokan air dari Sungai Pabelan disertai suhu yang mendukung memacu semangat peternak ikan di lereng Gunung Merapi ini mencoba keberuntungan lain yakni dengan berternak jenis ikan arwana. 

Salah satu peternak ikan itu adalah Fajar Sodik. Menurutnya harga jual ikan itu lebih stabil dan peluang pasar masih terbuka.


"Saat ini peluang ikan arwana tinggi. Negara China selalu terbuka untuk ikan dari sini," ujar Sodik.


Sodik menuturkan, musim hujan saat ini menjadi momentum panen raya benih arwana. Karena pasokan air dan suhu yang cenderung stabil sangat baik untuk ikan paska pemijahan. Sekali memanen, dari lahan sawah Sodik bisa mendapat ratusan benih ikan arwana.


"Lumayan bagus karena hujan stabil dan adem, benih ikan juga banyak dari indukan," ungkap Sodik.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar