Borobudur Marathon Kembali Digelar November Mendatang

Dilihat 2164 kali
VC Event Harian Kompas, Budi Sarwiadi
BERITAMAGELANG.ID - Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng adalah sebuah perlombaan lari yang dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Harian Kompas dan Bank Jateng. Tahun ini memasuki tahun keenam penyelenggaraan dan persiapan telah dilakukan oleh penyelenggara. Hal itu dilakukan untuk memenuhi keinginan para pelari merasakan kembali event lari setelah kondisi pandemi Covid-19.

Untuk tahun 2022, event bertaraf internasional ini akan kembali digelar pada Sabtu-Minggu, 12-13 November. Tempatnya masih sama dengan tahun lalu, yakni di Taman Lumbini komplek Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Vice GM Event Harian Kompas, Budhi Sarwiadi yang dihubungi Selasa, (24/5/2022) membenarkan, event Borobudur Marathon kembali akan digelar untuk memuaskan rasa dahaga para pelari. Bahkan untuk menyambut kegiatan itu, telah dilaksanakan Borobudur Marathon Menyapa di gedung pusat Bank Jateng Semarang belum lama ini. Kegiatan itu dihadiri Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Supriyatno, Direktur Utama Bank Jateng, Adi Prinantyo, Redaktur Pelaksana Harian Kompas, dan Liem Chie An, Ketua Yayasan Borobudur Marathon. 

"Iya betul, kami telah mengadakan acara "Borobudur Marathon Menyapa" untuk menyapa para pelari, sekaligus untuk mengomunikasikan tema, rencana dan harapan di tahun ini," terang Budi.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini, Borobudur Marathon mengusung tema Stronger to Victory atau menjadi lebih kuat untuk maju menuju kemenangan. Tema ini merupakan lanjutan dari tema di tahun sebelumnya, yaitu Symphony of Energy atau kesatuan energi untuk terus bergerak maju.

Tidak terlepas dari dampak pandemi Covid-19 yang masih terasa meski perlahan-lahan membaik, tetapi tidak menjadi penghalang Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng untuk terus bergerak, melainkan menjadi pemacu semangat untuk lebih kuat lagi, untuk terus maju menjadi lebih baik di masa depan.

"Selaras dengan 'Lelampah Pinuju Menang', yang berarti perjalanan menuju kemenangan, mengajak semua elemen untuk bersama-sama merayakan kegigihan yang telah kita tunjukkan di tempat yang sudah akrab dengan kebersamaan, Magelang," tuturnya.

Liem Chie An, Ketua Yayasan Borobudur menambahkan, tahun ini Borobudur Marathon Elite Race 2022 akan digelar pada Sabtu, 12 November 2022. Sebanyak 55 atlet elite akan berlaga di rute marathon 42,195 kilometer, setelah sebelumnya melalui proses seleksi. 55 atlet elite wajib memenuhi kriteria sudah vaksin 3 kali. Atlet elite juga masih akan dikarantina untuk menjaga kesehatan, keselamatan dan memberikan ruang bagi atlet untuk mempersiapkan diri dengan maksimal.

Sesuatu yang baru hadir di Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng yang mengedepankan semangat untuk terus maju, hadirnya inovasi baru yaitu Borobudur Marathon Young Talent. Sebuah program talent scout, yang bertujuan untuk mengumpulkan potensi atlet muda dengan cut off time terbaik di setiap kota untuk nantinya berkompetisi dalam kategori 10 kilometer pada Sabtu, 12 November 2022.

Hari kedua pada Minggu, 13 November 2022, pelari yang telah terdaftar dalam Bank Jateng Tilik Candi akan berlomba di rute half marathon 21,097  kilometer. Penyelenggara telah mempersiapkan ketentuan dan detail informasi lainnya yang akan dikomunikasikan secara berkala kepada para pelari.

Akhir dari rangkaian event akan ditutup dengan Borobudur Marathon Fun Run, lari bersama sejauh 3 kilometer yang akan diikuti oleh 1.000 warga Magelang. Menghadirkan partisipasi masyarakat Magelang untuk berlari bersama, sebagai tanda apresiasi dan rasa terima kasih penyelenggara kepada masyarakat Magelang. 

"Tentunya Magelang sudah siap menyambut pelari Magelang, warga sudah rindu," ujar Liem Chi An.

Partisipasi masyarakat Magelang juga diwujudkan dalam program Pawone, merangkul para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk ikut bergerak maju memenangkan hati konsumen dan melatih pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan pasar. Pelaku UMKM terbagi menjadi dua yaitu kuliner dan kerajinan dan akan diikuti oleh puluhan peserta yang sudah tergabung di tahun sebelumnya dan yang baru bergabung dalam batch dua.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar