Borobudur Marathon Bawa Berkah Untuk Kampung Homestay

Dilihat 2009 kali
Salah satu homestay di Desa Ngaran II Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Event Borobudur Marathon 2019 membawa berkah bagi para pemilik homestay di seputaran Candi Borobudur. Semua Homestay yang ada sudah penuh dibooking para runer terutama dari luar kota. Tidak itu saja, berkah juga dirasakan penduduk sekitar yang rumahnya ikut disewa.

Muslih, Koordinator kampung homestay Borobudur, yang dihubungi Sabtu (16/11) mengakui, Borobudur Marathon membawa berkah bagi warga yang memiliki homestay. 


"Ya ini berkah karena semua homestay sudah penuh dipesan," katanya.


Bahkan sebagian besar runner dari luar kota ini, sudah sejak bulan Maret membooking kamar.


“Mereka jauh-jauh hari sudah booking kamar," imbuhnya.


Muslih menambahkan, total kamar yang sudah di pesan sebanyak 215 unit, yang berada di dusun Maitan, Janan, Kelon dan Bumisegoro. 


Karena animo masyarakat yang hendak menginap sangat banyak, akhirnya ada yang dikirim ke homestay di Kecamatan Mungkid, tidak jauh dari wilayah Borobudur. Di Kecamatan Mungkid, ada sekitar 28 kamar yang dibooking. 


Menurut Muslih, homestay yang dikelola warga sebagian besar memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan harga yang terjangkau. Untuk sewa kamar Rp250 ribu per hari, ada fasilitas kamar mandi dalam, fan, TV dan minum teh dan kopi. Sedangkan kamar dengan harga Rp350 rb per hari ada fasilitas kamar mandi dalam, AC, air panas, TV dan sarapan pagi.


Muslih mengatakan, mereka sebagian besar hanya membooking kamar untuk satu hari. 


"Ada juga yang pesan sampai dua hari namun jumlahnya tidak banyak, hanya ada 4 kamar," terangnya.


Begitu banyaknya warga yang mencari fasilitas untuk menginap, juga menjadi berkah bagi pemilik rumah bersalin yang ada di Srowol Mungkid. Karena banyak yang tidak kebagian kamar hotel maupun homestay, ada juga pelari yang mau menyewa kamar di rumah bersalin. 


“Setiap kali ada event Borobudur Marathon, selalu ada yang cari kamar. Kalau ada yang kosong ya kita sewakan. Lumayanlah, daripada kosong, sekaligus juga untuk membantu mereka yang sudah kebingungan mencari kamar," kata Agus, pemilik rumah bersalin.


Untuk harga sewa juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp200 ribu/hari. Untuk fasilitas menyesuaikan dengan apa yang sudah dimiliki kamar bersalin itu. 


Perhelatan Borobudur Marathon 2019 digelar Pemprov Jateng bekerjasama dengan sejumlah pihak, akan dilaksanakan di Taman Lumbini komplek candi Borobudur Kabupaten Magelang, Minggu (17/11). Ada tiga katagori dalam Borobudur Marathon ini, antara lain Marathon (42 k), Half Marathon (21 K) dan 10 K.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar