Fun Run Menutup Rangkaian Event Borobudur Marathon 2019

Dilihat 375 kali
Beragam kategori perlombaan digelar dalam Borobudur Fun Run, yang dilaksanakan di Candi Pawon Borobudur dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso.

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 1.650 pelari mengikuti event Borobudur Fun Run, Minggu (19/1) yang mengambil start di pelataran Candi Pawon Borobudur.


Borobudur Fun Run merupakan salah satu bagian program Pawone Borobudur Marathon 2019, dan sekaligus sebagai penutup kegiatan Borobudur Marathon 2019 pada November 2019.


Dimana Borobudur Fun Run adalah sebuah penghargaan dan rasa terima kasih yang dipersembahkan kepada para komunitas dan warga Magelang yang telah mendukung penuh perhelatan Borobudur Marathon 2019. 


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, mengatakan, kegiatan tersebut sangat mendukung pariwisata Kabupaten Magelang, khususnya sportourism.


Borobudur Marathon bersifat sportourism, yang memadukan olahraga dan pariwisata. Dimana Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mendukung kegiatan tersebut.


"Selain itu pihak penyelenggara juga melibatkan masyarakat sekitar dalam Pasar Harmoni, dengan demikian hal ini ada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas produk kuliner," ucap Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso yang turut menghadiri kegiatan tersebut.


Borobudur Fun Run diselenggarakan khusus bagi masyarakat Magelang agar mereka bisa menikmati pengalaman layaknya berlari di Borobudur Marathon. 


"Pada perhelatan Borobudur Marathon 2019 kemarin, secara konsep masyarakat Magelang menjadi tuan rumah. Mereka mengambil beberapa peran, seperti menjadi marshal mengawal pelari, pertunjukan kesenian daerah dan lain-lain.


Oleh karenanya banyak warga Magelang sendiri kemarin November tidak berkesempatan menjadi pelari, maka saat inilah pada Borobudur Fun Run, bisa ikut berlari, dengan rute yang indah dan menantang," ucap Event Manager Kompas, Budi Sarwiadi.


Dalam kegiatan tersebut, juga diramaikan 25 stand kuliner, tergabung dalam Pawone Borobudur Marathon yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara penyelenggara Borobudur Marathon dan warga lokal dan mengembangkan perekonomian masyarakat Kabupaten Magelang, khususnya yang berada di desa-desa yang dikelilingi rute Borobudur Marathon. 


"Pawone Borobudur Marathon 2019 dibagi menjadi tiga program besar, yaitu Mbangun Cerita, Mbangun Pasar, dan Mbangun Wisata. Mbangun Cerita merupakan wadah bertukar cerita antara warga masyarakat di sekitaran Candi Borobudur, termasuk membangun perekonomian rakyat," papar Budi.


Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar