Kapolres Magelang Jamin Keamanan Arus Mudik Lebaran

Dilihat 213 kali
Kapolres Magelan AKBP Yudianto Adi Nugroho meninjau Pospam Salam Kabupaten Magelang, Sabtu (1/7).

BERITAMAGELANG.ID - Mengantisipasi setiap kemungkinan selama libur lebaran, jajaran Polres Magelang juga mempersiapkan 7 Pos Pengamanan dan 6 Sub Pospam di jalur alternatif untuk mengurai kemacetan.

Bagi para pemudik yang hendak melintas di jalur tengah Kabupaten Magelang tahun ini akan lebih lancar dan terjaga. Ratusan petugas telah bersiaga mengamankan jalur rawan di sekitar lereng Gunung Merapi barat tersebut.

"Kita menempatkan personil gabungan di setiap Pospam Lebaran, termasuk petugas medis jika sewaktu-waktu dibutuhknan," kata Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adi Nugroho saat meninjau Pospam Salam Kabupaten Magelang, Sabtu (1/7).

Sesuai pemetaan Polres Magelang, di tahun sebelumnya kemacetan kendaraan terjadi di beberapa titik yang merupakan perbatasan antar daerah dan jalur wisata ke Candi Borobudur.

"Kemacetan terparah berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta yakni wilayah Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Selain di titik itu, kemacetan juga sering terjadi di wilayah Kecamatan Secang atau mengarah ke Semarang dan jalur wisata ke Candi Borobudur," lanjut Yudi.

Untuk mengantisipasi itu, Polres Magelang mengandalkan personilnya di lapangan yang bersinergi dengan TNI, BPBD, Damkar dan Satpol PP. Para personil itu bersiaga di beberapa pospam.

"Ada beberapa Pos yang kita geser ke lokasi yang dinilai rawan kemacetan dan aksi kriminalitas. Hal itu bertujuan untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat. Seperti Pospam di Blondo yang kita pindah di titik pertigaan Taman Anggrek Mendut, di samping di setiap jalur antar kota antar Propinsi," jelasnya.

Selain menempatkan personil di Pos Pengamanan, menurut Yudi, pihaknya juga melakukan patroli wilayah dan memantau situasi melalui 14 kamera CCTV yang tiga diantaranya berada di wilayah Candi Borobudur.

"Patroli selalu dilakukan oleh personil kita Brimob, guna memberi rasa nyaman kepada para pemudik dan masyarakat. Namun jika terjadi sesuatu masyarakat jangan segan segan untuk segara melapor," pesannya.

Sementara itu dari pantauan hingga Sabtu (1/7) beberapa kendaraan pemudik dengan plat luar kota mulai terlihat di sejumlah ruas jalan utama di Kabupaten Magelang. Meski demikian arus lalu lintas masih relatif lancar. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar