Wakil Bupati Resmikan Kampung KB di Bukit Sikapat Kajoran

Dilihat 110 kali
Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana sebanyak 9 kali sebagai simbol peresmian Kampung KB dan Rumah Dataku Dusun Magundadi

BERITAMAGELANG.ID - Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Rumah Dataku di Kabupaten Magelang terus berlanjut. Kali ini bergulir di lereng pegunungan atau Bukit Sikapat Desa Krinjing Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, tepatnya di Dusun Wonodadi.


Peresmian Kampung KB dan Rumah Dataku secara resmi dibuka dan dihadiri Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana.


Dalam sambutannya, Edi Cahyana mengatakan, sebagai tahap awal pelaksanaan Kampung KB tentunya dibutuhkan data yang valid dan terkini, meliputi data kependudukan KB dan pembangunan keluararga, maupun intervensi lintas sektor agar program Pemerintah dapat tepat sasaran dan tepat manfaat sehingga membuahkan hasil maksimal.


"Oleh karena itu di setiap pencanganan Kampung KB sekaligus Rumah Dataku sebagai media pusat data untuk memotret awal kondisi penduduk juga memantau perkembangan setelah dilakukan intervensi, terutama dari sisi kesejahteran secara umum," jelasnya.


Lebih lanjut Edi Cahyana juga berharap kegiatan Kampung KB atau kampung sehat ini tidak hanya simbolis saja tapi ada tindak lanjut.


"Yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti program kependudukan serta adanya monitoring evaluasi program atau kegiatan secara periodik," pungkasnya.


Kepala Desa Krinjing, Haryanto menambahkan, selain pencangan Kampung KB dan Rumah Dataku juga dilaksanakan beberapa kegiatan atau lomba kesehatan.


"Bahwa selain pencanangan Kampung KB dan Rumah Dataku ini, di Mangundadi juga dilaksanakan beberapa lomba dan kegiatan antar RT seperti lomba kebersihan, lomba gapura dusun, senam lansia dan lain sebagainya," ungkapnya.


Haryanto berharap, dengan dicanangkannya Kampung KB dan Rumah Dataku di wilayahnya bisa memotivasi dusun lain.


"Saya berharap semoga setelah dicanangkan Kampung KB dan Rumah Dataku di Dusun Mangundadi ini bisa berlanjut ke dusun-dusun lain di Desa Krinjing ini, yang ada sebanyak 5 dusun," harapnya.


Acara ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 9 kali oleh Wakil Bupati magelang Edi Cahyana, sekaligus meresmikan Kampung KB dan Rumah Dataku di Dusun Mangundadi Desa Krinjing Kecamatan Kajoran, serta dilanjutkan dengan pemberian piala kepada para pemenang. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar