Puluhan Perahu Karet 'Tumpah' ke Jalan

Dilihat 2358 kali

BERITAMAGELANG.ID - Puluhan perahu karet tampak menarik dalam balutan bermacam-macam jenis hiasan. Jika biasanya perahu ini terlihat di sungai, kali ini komunitas operator arung jeram turun ke jalan raya, berjalan membentuk barisan pawai. Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olaraga (Disparpora) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang menggagas acara ini dalam event bertajuk Parade Perahu Hias dalam rangkaian Festival Kali Elo 2018.

Sebanyak 20 perahu karet dihias sedemikian rupa, ada ikan hiu, buaya, kerbau, burung garuda, naga, hingga karakter kartun anak, Popeye. Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso menjelaskan, Festival Kali Elo ini baru pertama kali diadakan di Kabupaten Magelang, dan mengangkat tema 'Spirit of The River'.

"Melalui festival ini diharapkan dapat mengembangkan semangat masyarakat dan para pelaku yang bergerak di bidang kepariwisataan, khususnya arung jeram dan sekitarnya yang memanfaatkan kali Elo untuk konservasi dan kelestarian sungai dalam pemanfaatannya," kata Iwan, saat melepas arak-arakan kapal hias di Lapangan Soepardi, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jumat (06/07).




Rute parade perahu hias ini dimulai dari Lapangan Soepardi Kota Mungkid menuju Kali Elo. 

"Setelah sampai di Kali elo, kapal-kapal hias ini akan dilepaskan hingga menuju ke Kaling 2," lanjutnya.

Iwan menjelaskan, setiap tahun Kali Elo selalu ramai bahkan mencapai ribuan pengunjung. Harapannya, hal ini dapat berkesinambungan dan berkelanjutan agar sungai Elo dapat terus dipelihara, sehingga selalu bermanfaat bagi masyarakat.

"Manfaat yang diberikan tidak pada saat ini saja, melainkan juga di masa-masa yang akan datang," harapnya.

Festival Kali Elo 2018 berlangsung selama 3 hari pada 6-8 Juli 2018. Nanti malam, menurut rencana, Bupati Magelang akan secara resmi membuka Festival Kali Elo 2018, di Tourist Information Center, Borobudur.


Cek jadwal agenda Festival Kali Elo 2018 di sini.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar