Berbusana Jawa, Komite Seni Budaya Nusantara Kabupaten Magelang Dilantik

Dilihat 2131 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, para pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Magelang periode 2019-2024 dilantik oleh, Ketua Harian KSBN Provinsi Jawa Tengah, Teguh Suprianto, di Pendopo Merapi Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (6/8) malam.


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto yang dilantik sebagai Ketua Umum KSBN Kabupaten Magelang berharap, dengan dilantiknya pengurus baru dapat memiliki warna dan semangat baru dalam pengembangan seni budaya di Kabupaten Magelang.


Menurutnya, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi yang begitu dahsyat sangat sulit untuk dibendung. 


"Sebagai filter arus perkembangan teknologi di era globalisasi harus diimbangi dengan pelestarian budaya bangsa yang kokoh, dengan budaya Indonesia yang berdaya saing Global di kancah internasional," ujarnya.


Budaya Indonesia yang beraneka ragam coraknya dan juga penuh dengan makna telah memiliki nilai-nilai kehidupan yang sangat baik untuk dikembangkan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


"Kami menyadari bahwa kebudayaan yang berkembang di Kabupaten Magelang tidak semuanya diminati oleh generasi penerus. Dengan adanya komite ini, diharapkan menjadi wadah yang sangat baik dan tepat untuk dapat menganalisa mencari solusi dalam pertumbuhan seni dan budaya di Kabupaten Magelang," harap dia.


Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Achmad Husein menambahkan, pelantikan pengurus KSBN Kabupaten Magelang adalah untuk melaksanakan amanat Undang Undang No 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan.


"Selain itu juga untuk memberikan wadah bagi seniman dan budayawan dalam mengembangkan kreasi dan inovasi, serta berolah cipta rasa, karsa, dan karya," kata Husein.


Adapun susunan pengurus KSBN Kabupaten Magelang periode 2019-2024 diantaranya, Pelindung : Bupati Magelang, Komandan Kodim 0705/Magelang, dan Kapolres Magelang, Ketua Umum : Adi Waryanto, Ketua Harian : Mul Budi Santoso,  Endra Endah Wacana, Budi Suprayitno, dan Parjaya.


Sekretaris Umum : Slamet Achmad Husein, Sekretaris : Mantep dan Hari Bawartati, Bendahara Umum : Farnia Berliani Sri Tulodho, Bendahara : Rudiah Widiastuti dan Sri Triyatningsih, Bidang Humas : Nanda Cahyadi dan Gunawan Andi Prihananta.


Bidang Organisasi : Iwan Sutiarso dan Wisnu Harjanto, Bidang Kerja Sama : Hendradata, Faizun, Abert Nugroho, Bidang Pertunjukan dan Pagelaran : Suryatono dan Santo Sadewa.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar