Bendung Loning Kabupaten Magelang Bersaing di Lomba Irigasi Jawa Tengah

Dilihat 3423 kali
Bendung Loning di Dusun Paren Desa Kertasari Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Jaringan irigasi Bendung Loning di Dusun Paren Desa Kertasari Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang masuk dalam nominasi jaringan irigasi terbaik di Jawa Tengah.

Salah satu tim Penilai, Kasmono mengatakan, petugas Operasional dan Pemeliharaan Irigasi Kemantren Loning, saat ini masuk nominasi ajang Lomba OP Irigasi tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2019 mewakili Karesidenan Kedu. 

"Kita melakukan pengamatan dan verifikasi kinerjanya. Kriteria penilaian mulai dari aspek lapangan dan paparan, seperti operasional kelembagaan, jaringan pendukung, fungsional, dan administrasi," kata Kasmono di Irigasi Loning, Kamis (20/6). 

Para juri, lanjut Kasmono, terdiri dari lintas sektor yang menguasai sumber daya air (pengairan).

Selain irigasi Loning terdapat lima irigasi setiap Karesidenan lain di Jawa Tengah yang dinilai oleh tim juri, seperti Kendal, Batang, Banyumas, Wonogiri, dan Jepara.

Lomba yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini, bertujuan untuk meningkatan kinerja para petugas operasi jaringan irigasi. 

Sementara untuk menjadi juara, lanjut Kasmono, juga harus mendapat dukungan dari masyarakat dan Pemerintah setempat.

"Tujuannya memberi penghargaan kepada insan irigasi, mendorong masyarakat pemerintah dan propinsi untuk mengelola irigasi dengan baik," lanjut Kasmono.

Kepala DPU-PR Kabupaten Magelang, Heriyanto mengungkapkan, Luas lahan pertanian di Kabupaten Magelang mencapai 37.118 hektare, sedangkan tanah tegalan seluas 8.636 hektare.

"Keberadaan irigasi Loning ini untuk mengairi 6.000 hektar lebih area pertanian di tiga kecamatan, yakni Tempuran, Kaliangkrik dan Bandongan," jelasnya.

Ketersediaan air tidak hanya untuk kebutuhan pertanian, namun juga untuk kebutuhan masyarakat. 

"Dengan kualitas dan dedikasi petugas tidak hanya saat penilaian lomba saja, namun juga kebutuhan air terjamin setiap musimnya," katanya.

Editor Fany Rachma

1 Komentar

Rozikin 28 September 2019 13:01
Maaf pak.Itu alamatnya masih salah. Yg benar Dusun Paren, desa Ketangi, kec. Kaliangkrik, kab.Magelang. Makasih

Tambahkan Komentar