Belum Terpenuhinya Syarat Belajar Di Sekolah, Siswa Tetap Belajar Di Rumah

Dilihat 317 kali
KUNJUNGAN. Guru Kelas SDN Banyurojo 1 Mertoyudan, dalam kunjungan ke rumah siswa.

BERITAMAGELANG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin, mengatakan, terdapat syarat yang harus dipenuhi agar siswa dapat kembali belajar di sekolah. Syarat tersebut, yaitu, wilayah aman atau berstatus zona hijau, izin pemerintah, kesiapan sekolah new normal, dan adanya izin dari orang tua siswa.


Dikarenakan empat syarat tersebut belum memenuhi, maka siswa melakukan masih kegiatan belajar mengajar di rumah dengan sistem dalam jaringan (daring). "Kesemuanya itu adalah syarat siswa bisa kembali belajar di sekolah, karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid 19. Dan semua unsur harus dipenuhi, misal orang tua siswa tidak mengizinkan ya tidak jadi masuk sekolah, tetap daring di rumah," ucap Aziz, Kamis (23/7/2020).


Aziz menuturkan, tedapat beberapa kendala dalam kegiatan belajar mengajar daring tersebut, sehingga muncul solusi secara berkala guru datang kunjungan ke rumah siswa dengan menerapkan protokol kesehatan.


"Ada sebagian yang tidak maksimal daring karena sinyal lemah, tidak punya hp, tidak punya uang beli pulsa, area blank, dan lain-lain. Solusinya, orang tua siswa ambil tugas ke sekolah secara berkala, dan guru monev pembelajaran berkala ke rumah siswa, dengan menerapkan protokol kesehatan," terang Aziz.


Diwawancarai terpisah, Guru Kelas 2 SDN Banyurojo 1 Mertoyudan, Ferry Endrian, S.Pd, mengatakan, perlunya tetap mendatangi siswa ke rumah secara berkala, diantaranya adalah untuk melihat keadaan siswa. Ditambah untuk tahun pelajaran baru, berarti siswa baru pertama kali mengikuti pelajaran, dan belum mengenal gurunya, atau belum pernah bertatap muka langsung dengan guru.


"Hal yang paling penting adalah menjalin ikatan batin antara guru dan siswa. Serta memberikan pengarahan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dan persiapan bagi siswa-siswinya dalam melaksanakan pembelajaran yang akan dilakukan," ungkap Ferry.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar