Belasan Rumah Lereng Sumbing Rusak Disapu Angin Kencang

Dilihat 661 kali
Personil gabungan bersihkan dampak anging kencang yang merusak belasan rumah di 2 (dua) dusun Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (06/04)

BERITAMAGELANG.ID - Angin kencang merusak belasan rumah warga di dua dusun lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang Jumat (06/04) petang. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.


BPBD Kabupaten Magelang menerima informasi dari salah satu personil Tim Reaksi Cepat Kecamatan Tempuran, Kuwato paska kejadian musibah angin kencang di Dusun Karangsari dan Dusun Balong I Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Jawa Tengah.


"Sebelumnya cuaca di siang hari cerah, namun sekitar pukul 14.00 WIB terpantau mendung yang kemudian disusul hujan deras disertai angin pukul 16.00 WIB," jelas Kuwato.


Akibatnya banyak pohon di sekitar pemukiman tumbang memutus jaringan listrik dan akses jalan antar dusun. Kuwato menyebutkan, sekitar 14 rumah yang tersebar di dua dusun juga mengalami rusak di bagian atap akibat diterbangkan angin kencang.


Ratusan relawan, personil Damkar, BPBD, Polisi, TNI, bersama warga langsung bergotong royong membersihkan dahan pohon yang tumbang dan menutup akses jalan.


Namun, mengingat kondisi sudah malam dan hasil koordinasi cuaca di lapangan, melalui Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Heri Prawoto mengintruksikan proses pembersihan semua material dihentikan sementara.


"Pembersihan maupun perbaikan atap rumah warga akan dilakukan Sabtu (07/04)," katanya.


Tidak ada korban jiwa dala musibah tersebut. Hingga berita ini diunggah, BPBD Kabupaten Magelang masih mengumpullkan data kerugian akibat bencana tersebut.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar