Baznas Launching Balai Ternak Pakis

Dilihat 2093 kali
Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam kegiatan launching di Dusun Dayugo Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Selasa (11/12).

BERITAMAGELANG.ID - Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) resmi dilaunching di Dusun Dayugo Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Selasa (11/12). Melalui Kelompok Ternak Berkah Makmur yang dikelola oleh 45 kepala keluarga.

Balai ternak ini merupakan program pemberdayaan ekonomi Mustahik dalam sektor peternakan oleh BAZNAS Kabupaten Magelang. Dalam kesempatan kali ini langsung dihadiri BAZNAS pusat dan Provinsi Jawa Tengah.

Hadir mewakili Bupati Magelang, Penjabat Sekda Drs. Adi Waryanto menyampaikan dengan dilaunchingnya balai ternak oleh BAZNAS ini diharapkan mampu membantu perekonomian masyarakat.

"Dimana Zakat ini sebagai pranata sarana untuk membantu sesama, dimana harus dikelola seprofesional mungkin dengan akuntabilitas tinggi. 

Kami berharap juga program ini mampu memaksimalkan kemanfaatan zakat di Kabupaten Magelang, dan mendukung kebutuhan kesedian daging di Kabupaten Magelang dengan meningkatnya produksi ternak seperti balai ternak di sini ke depannya," harapnya.

Dukungan kelembagaan peternakan, teknologi peternakan, modernisasi peternakan sangat diharapkan untuk semua ini. Terkait kepengurusan BAZNAS Kabupaten Magelang disampaikan untuk Surat Keputusan sudah siap.

"Seluruh elemen terkait harus saling mendukung program BAZNAS seperti ini. Nanti tinggal menunggu waktu pelantikan," lanjut nya.

Balai ternak tersebut memadukan konsep pembibitan ternak dan penggemukan ternak enak dengan metode pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil. 

"Hal ini menunjukan bahwa BAZNAS sangat serius dalam program ini, tercontoh dalam fasilitasnya program ini cukup lengkap dan pendampingan yang intens.

Kami mohon partisipasinya bagi penerima agar mengoptimalkan program yang kami berikan, dengan target yang ditentukan dan pantauan kami dari pusat kedepan akan berkembang kami akan datang kembali kesini," kata Perwakilan BAZNAS Pusat, Randi Swandaru, Kadiv Pendayagunaan.

Hingga saat ini sebanyak 166 ekor domba disalurkan kepada Balai Ternak Berkah Makmur di Pakis ini.

"Semoga Zakat yang diberikan melalui BAZNAS ini juga mampu untuk mensucikan harta para pemberi zakat, dan barokah bagi penerimanya," tandas Randi.

Wakil kedua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Solhihul Huda menambahkan, program ini akan terus dipantau perkembangannya.

"Saya harap laporan berkala perkembangan tiap tiga bulan sekali dari BAZNAS Kabupaten Magelang ke kami bisa dilaksanakan karena akan kami laporkan ke pusat dan evaluasi program.

Harapannya dengan laporan tersebut kedepan support ke sini bisa terus bertambah demi perkembangan Balai Ternak ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang dihadiri jajaran dinas terkait dan Forkopimcam Pakis diserahkan simbolis satu ekor domba Moreno serta uang permodalan sebesar Rp.283.350.000.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar