Wisatawan Asing Dilaporkan Hilang di Gunung Merbabu

Dilihat 4268 kali
Wisatawan asal Selandia Baru, Andrey Voltech (dilingkari merah) dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Merbabu

BERITAMAGELANG.ID - Seorang wisatawan asal Selandia Baru, Andrey Voltech, dikabarkan hilang di Gunung Merbabu. Hingga berita ini diunggah, tim SAR belum menemukan keberadaannya.


Guna menghimpun data, sejumlah anggota Basarnas Jawa Tengah mendatangi Hotel Grand Artos & Convention di Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Senin (02/04) sore.
 
Mereka datang bersama salah satu teman Warga Negara Asing (WNA) asal New Zealand tersebut, yang hilang kontak saat mendaki Gunung Merbabu.
 
Marcomm Manager Hotel Artos, Sekar Laksita mengatakan, kedatangan sejumlah anggota Basarnas tersebut untuk mengecek tas milik Andrey yang dititipkan saat check out pada hari Kamis (29/03) kemarin.
"Yang mau diperiksa tas, satu. Isinya apa saya tidak tahu," ujar Sekar.
 
Dia mengatakan, pihak hotel tidak masalah jika memang tas Andrey hendak diperiksa. Hanya saja, ada aturan wajib yang mesti dipatuhi.
 
"Paling tidak, ada surat keterangan dari pihak berwajib yang menyatakan maksud dan keperluan pemeriksaan tas milik pengunjung hotel," imbuhnya.
 
Menurut Sekar, pihaknya tidak mau mengambil resiko dengan membiarkan orang lain memeriksa barang milik Andrey yang notabene masih dititipkan di Hotel Artos.
"Karena dititipkan di sini, maka tas itu menjadi tanggung jawab kami.
 
Kami berharap Andrey segera ditemukan dalam kondisi selamat dan bisa kembali  mengambil barang bawaannya. 
"Pihak hotel tidak ingin ada komplain ketika tamu kembali," terangnya.
 
Sekar juga membenarkan jika Andrey menitipkan barang bawaannya di hotel setelah resmi check out. Biasanya, kata dia, ada perjanjian antara tamu dan hotel untuk penitipan tersebut.
 
"Biasanya tamu menitipkan barang mereka karena nantinya kembali lagi. Atau ada kepentingan tertentu sehingga menitipkan barangnya terlebih dahulu untuk kemudian diambil lagi," urainya.


Survivor Andrey Voytech, pendaki asal Selandia Baru itu dilaporkan hilang sejak Jumat (30/03). Upaya pencarian terhadap Andrey masih terus dilakukan hingga saat ini Selasa (03/04).


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar