Baru! Wisata Adventure Lembah Tapal Batas Mesir

Dilihat 2036 kali
Wisata alam Lembah Tapal Batas Mesir di Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Wisata alam Lembah Tapal Batas Mesir di Kabupaten Magelang menawarkan sensasi petualangan baru di masa pandemi covid-19 dengan memadukan Jeep Adventure, resto dan kedai kopi.


Wisata yang dikelola para pemuda kreatif Kricaan Mesir ini dibuka secara simbolis oleh Kepala Disparpora Kabupaten Magelang melalui Kabid Pemasaran Dan Kelembagaan Gunawan Andi, Sabtu (2/10).


"Di sini ada jalur off-road extrim dan fun. Semuanya menyusuri sungai Krasak," kata Deni, ketua pengelola Lembah Tapal Batas Mesir, Minggu (3/10).


Wisata yang berada di perbatasan Magelang-Yogyakarta tersebut menjadi rute wisata baru di jalur menuju Candi Borobudur. Sejumlah personil dari Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Magelang, Ketua Forum DTW Kabupaten Magelang, Komunitas Wisata Pesona Magelang, Komunitas Explore Magelang Selatan dan Komunitas Offroader di Kabupaten Magelang telah mencoba rute wisata anyar ini.


"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, dan untuk kapasitas maksimum di tempat kami dapat menampung sebanyak 5 bis besar," lanjut Deni.


Ketua Forum DTW Kabupaten Magelang, Edwar Alfian memberikan apresiasi kepada panitia dan pemuda setempat yang sudah berinisiatif membuat wisata alam Lembah Tapal Batas Mesir.


Menurutnya destinasi ini nantinya akan menjadi pintu gerbang pariwisata Jawa Tengah di Magelang karena lokasinya ada di perbatasan Magelang-Jogja. Sehingga keberadaanya harus terus diperkuat agar potensi wisata di perbatasan wilayah semakin berdaya saing. Hal itu juga membuka harapan pelaku wisata di kawasan perbatasan Magelang untuk dapat bergeliat.


"Yang menarik di sini adalah adanya kuliner khas berupa olahan kambing dan minuman kopi yang asli berasal dari masyarakat sekitar. Namanya Kopi Tugu Ireng," lanjut Edward.


Selain kuliner, menurut Edward, track Jeep yang disuguhkan juga menarik karena dapat secara penuh menyusuri aliran Sungai Krasak, tidak hanya menyeberang sungai.


Dia berharap Wisata Alam Lembah Tapal Batas Mesir nantinya dapat mewarnai dan alternatif pariwisata ketika Borobudur sudah kembali ramai. Karena menurutnya Kabupaten Magelang harus banyak menyediakan alternatif wisata mengingat Candi Borobudur saat ini dapat dinaiki secara terbatas.


"Menariknya, track Jeep ini bisa full menyusuri sungai Krasak. Dan finish nya nanti berada di Gerojogan Mesir Sungai Krasak, ini menarik," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar